Potensi Diri

8 Tips Mengembangkan Potensi Diri

Potensi Diri

Setiap orang pasti memiliki potensi diri yang berbeda – beda. Yang patut disayangkan, masih sedikit sekali orang yang sadar akan hal tersebut, dan bahkan banyak yang merasa rendah diri karena menganggap diri mereka tidak memiliki kemampuan lebih dibandingkan yang lain. Padahal, orang yang dapat berpikiran besar dan positif biasanya akan dapat melakukan hal besar pula dan sebaliknya orang yang berpikiran kecil dan cenderung negative maka kemungkinan juga akan mendapatkan hasil yang kecil.

Nah, di dalam artikel ini kami ingin mencoba berbagi ilmu tentang bagaimana cara meningkatkan potensi diri, menurut para ahli, berikut penjelasannya:

  1. Gambarkan mimpi atau cita – cita secara detail

Yang dimaksud di sini adalah milikilah impian yang jelas dan visualisasikanlah dengan media yang nyata seperti menuliskannya ke dalam sebuah buku khusus yang disertai dengan gambar – gambar detail lengkap dengan target waktu yang dibutuhkan untuk bisa meraihnya. Percaya atau tidak, banyak orang yang telah meraih kesuksesan dengan melakukan hal semacam itu.

  1. Perluas wawasan

Jika kita sudah memiliki gambaran yang jelas tentang hal – hal yang menjadi impian atau target, jangan berhenti pada tahap menjadi pemimpi saja. Berpeganglah selalu pada pepatah “tiada kesuksesan tanpa perjuangan dan tiada pintar orang tanpa belajar”.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Orang – orang yang ingin berhasil harus selalu berani belajar dengan mencoba hal – hal yang baru untuk mengembangkan wawasannya. Karena dengan bermodalkan atas wawasan tersebut dirinya akan dapat menjadi orang yang lebih berguna bagi dirinya sendiri maupun masyarakat banyak.

  1. Lakukan tindakan nyata yang mendekatkan kita pada impian

Tidak ada satupun teori yang dapat dibandingkan dengan tindakan nyata. Oleh sebab itu, lakukanlah tindakan – tindakan nyata, sekecil apapun, yang dapat mendekatkan diri pada impian atau target kita.

  1. Kembangkan pikiran positif dalam diri kita secara terus menerus

Cobalah untuk memperluas wawasan serta pengetahuan dengan cara selalu berfikir positif. Kita harus yakin bahwa apa yang telah kita lakukan merupakan sebuah proses yang benar yang akan membawa kepada kesuksesan.

Lakukan hal ini dengan cara merelaksasikan tubuh serta pikiran di dalam kesendirian kemudian diikuti dengan mengucapkan kata – kata positif. Hal ini terutama dilakukan di pagi dan malam hari menjelang tidur dan dinyatakan oleh para ahli sebagai cara efektif untuk menumbuhkan potensi diri.

  1. Bayangkan apa yang kita lakukan saat sudah berhasil meraih impian

Teknik membayangkan ini merupakan bagian yang tidak kalah penting. Sebab akan menentukan tingkat kepercayaan diri kita dalam bertindak. Fakta menunjukan bahwa kita tidak akan pernah bisa melesat lebih tinggi dari apa yang kita bayangkan mengenai diri kita sendiri. Jika membayangkan saja tidak berani bagaimana mungkin dapat merealisasikan hal itu menjadi kenyataan.

  1. Berteman dengan orang – orang positif

Pepatah mengatakan, “Apabila ingin berhasil maka belajarlah dengan yang sudah berhasil, dan jika ingin memaksimalkan potensi diri maka bertemanlah dengan orang – orang yang memiliki impian serta cita – cita besar”. Pepatah tersebut ada benarnya karena pikiran kita memang bertindak seperti antena radio yang menangkap sinyal dengan frekuensi yang kita atur sendiri; semakin dekat pemancarnya maka akan semakin bagus suara atau gelombang yang kita dapat. Oleh sebab itu, pilihlah frekuensi dari orang – orang positif yang ada di sekitar kita.

  1. Terus bangkit ketika gagal atau ketika menghadapi rintangan

Kita boleh bahkan harus mengalami terjatuh dan gagal, tapi pastikan bahwa kita akan terus bangkit setelahnya. Dengan kegagalan, maka kita akan dapat belajar tentang banyak hal yang membuat diri kita semakin berkembang. Kita harus berani keluar dari kegagalan masa lalu dan menghadapi hari depan menuju yang lebih cerah.

  1. Lakukan semua hal dengan ikhlas, sungguh – sungguh dan penuh suka cita

Hakekat keberhasilan adalah suatu proses jadi nikmati semua proses yang ada. Merupakan satu hal yang sangat tidak tepat jika kita malah larut dalam kesedihan, terus berkeluh kesah dan menderita dalam proses kesuksesan yang sedang kita perjuangkan.

Kita harus hadapi semuanya dengan senyum dan semangat. Jangan menunda kebahagiaan hingga mencapai semua sasaran. Apabila kita telah berjuang, bekerja dan berusaha dengan seluruh daya, upaya dan potensi diri yang kita miliki, maka kita sebenarnya sudah layak untuk berbahagia pada saat ini juga .

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.