Bagaimana Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan

Dalam menjalankan suatu bisnis dan usaha, mengetahui tingkat kepuasan pelanggan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan arena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap laju dari bisnis tersebut ke depannya.

Perusahaan ataupun bidang usaha yang dijalankan dengan memberikan pelayanan pelanggan terbaik maka biasanya akan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan karena mereka merasa puas atas apa yang diterima dari perusahaan tersebut.

Hal inilah mengapa, dalam menjalankan suatu usaha ataupun bisnis sangat diperlukan untuk melakukan pengukuran kepuasan pelanggan.

Kehadiran buku Mengukur Kepuasan Pelanggan karya Richard F. Gerson bisa menjadi salah satu buku yang akan membantu Anda dalam melakukan pengukuran guna untuk memperbaiki dan mengembangkan jalannya perusahaan ataupun bisnis yang dikelola.

Buku ini sangat baik sebagai referensi bacaan bagi pemilik usaha, supervisor pada lini pertama, ataupun juga personel yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Dalam buku ini dijelaskan tentang apa yang menjadikan penting untuk mengukur kepuasan pelanggan serta bagaimana perusahaan Anda bisa mendapatkan manfaat dari pengukuran dan pemahaman tentang kepuasan pelanggan.

Sebenarnya ada banyak pendekatan yang bisa digunakan sebagai alat untuk mengukur kepuasan pelanggan namun seringkali pendekatan tersebut dibuat dengan tidak tepat. Dalam melakukan pengukuran kepuasan pelanggan dibutuhkan keterpaduan dari seluruh sistem yaitu manajemen pelayanan pelanggan serta pemasaran jasa.

Kedua komponen tersebut memiliki keterkaitan yang sangat erat tentang bagaimana mendapatkan kepuasan pelanggan yang optimal. Melalui komponen perngukuran tersebut, Anda bisa mengetahui bagaimana kualitas Anda dalam mengatur fungsi pelayanan pelanggan serta memberikan panduan dalam upaya pemasaran.

Meskipun pendekatan yang bisa digunakan ada beragam, banyak orang kurang memahami tentang hal yang krusial dari suatu keberhasilan pengukuran mutu serta kepuasan pelanggan adalah memahami apa saja yang perlu diukur, kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengukuran, bagaimana melakukan pengukuran, proses penganalisaan data, serta bagaimana memanfaatkan hasil dari analisa tersebut. Dan untuk melakukan semua hal tersebut, Anda memerlukan panduan dari buku tersebut untuk membantu Anda.

Pada buku Mengukur Kepuasan Pelanggan di bab pertama, Anda akan menemukan definisi dari kepuasan pelanggan, biaya pelayanan, serta mutu yang buruk beserta dampaknya bagi perusahaan Anda, serta pengembangan sistem pelayanan pelanggan yang unggul yang seperti apa.

Selanjutnya pada bagian bab kedua, Anda akan menemukan tentang pembahasan mengapa Anda perlu bahkan harus melakukan pengukuran mutu sebagai bagian dari program kepuasan pelanggan serta mengajarkan kepada Anda tentang bagaimana menggunakan alat dasar pengukuran dalam rangka peningkatan mutu tersebut.

Pada bagian ketiga dalam buku tersebut mengulas tentang metode riset yang bisa dilakukan untuk mengukur kepuasan pelanggan termasuk teknik pengumpulan data, teknik pengukuran, serta teknik dalam analisis data tersebut. Kemudian, pada bagian keempat dalam buku ini membahas secara lebih terperinci tentang bagaimana pentingnya memanajemeni terhadap kepuasan pelanggan serta memberikan contoh survei beserta laporan tentang kepuasan pelanggan yang akan membantu Anda memahami secara lebih mendalam tentang bagaimana mengukur kepuasan pelanggan.

Banyak perusahaan yang kurang memahami tentang cara untuk mengatahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan ataupun barang dan jasa yang ditawarkan.

Padahal, pengukuran kepuasan pelanggan menjadi salah satu komponen penting untuk mengetahui bagaimana penilaian pelanggan terhadap apa yang kita berikan kepada mereka sehingga hal ini akan sangat erat kaitannya dengan peningkatan mutu perusahaan ke masa depannya. Meski demikian, melakukan pengukuran kepuasan pelanggan saja tentu tidaklah cukup karena Anda dan perusahaan Anda hendaknya juga mengetahui bagaimana memasarkan bukti dan fakta bahwa pelanggan Anda memiliki kepuasan terhadap apa yang telah Anda dan perusahaan Anda lakukan.

Melalui buku ini, Anda akan mengetahui secara lebih mendalam tentang bagaimana mengukur kepuasan pelanggan dan cara meningkatkan mutu pelayanan pelanggan terhadap perusahaan Anda.

Namun demikian, Anda hendaknya juga memahami bahwa untuk bisa membuat perusahaan Anda tetap kompetitif serta menghasilkan lebih banyak keuntungan, komponen tersebut saja tidak akan cukup karena Anda masih perlu untuk melakukan sesuatu yang bisa membuat pelanggan Anda menjadi kagum dan Anda pun hendaknya juga mengetahui cara untuk bisa menyenangkan pelanggan Anda setiap saat.

Buku ini bisa membantu Anda untuk melakukan pengukuran terhadap kepuasan pelanggan.

Namun demikian, untuk bisa mencapai apa yang menjadi target dan tujuan dari perusahaan, Anda hendaknya bisa mengadaptasi serta melakukan modifikasi atas program serta sistem pelayanan pelanggan yang sesuai dengan perusahaan Anda.

Dengan melakukan pengukuran mutu dan kepuasan pelanggan, Anda akan mengetahui dan menetapkan posisi Anda apakah apa yang telah Anda lakukan selama ini sudah baik, apakah Anda sudah memuaskan di mana pelanggan-pelanggan Anda, serta untuk mengetahui apa yang harus Anda lakukan selanjutnya terkait peningkatan mutu dan kepuasan pelanggan.

Memberikan pelayanan pelanggan yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan lajunya perusahaan Anda ke depannya.

Salah satu komponen yang perlu diukur dan dinilai terhadap apa yang Anda berikan kepada pelanggan adalah bagaimana tingkat kepuasan pelanggan terhadap perusahaan Anda terutama terhadap pelayanan yang telah diberikan. Buku Mengukur Kepuasan Pelanggan bisa menjadi salah satu buku pelayanan pelanggan yang akan membantu meningkatkan mutu dan kualitas perusahaan Anda.