Berapa Banyak Buku Manajemen Pemasaran yang Perlu Anda Baca

Bagi para entrepreneur dan juga orang-orang yang bekerja di bidang pemasaran, membaca buku manajemen pemasaran merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan.

Informasi-informasi tentang dasar-dasar pemasaran hingga berbagai teknik dan strategi dalam mengelola pemasaran sangat diperlukan agar pekerjaan pemasaran dan bisnis yang dilakukan bisa berjalan dengan baik dan tercapai targetnya.

Namun, jumlah buku dengan tema manajemen pemasaran sangatlah banyak.Hal ini tentunya bisa membuat bingung dalam memilih mana yang harus dibaca dan seberapa banyak buku yang harus dibaca sampai kita bisa melakukan manajemen pemasaran yang baik dan benar.

Secara logika, semakin banyak buku yang dibaca semakin baik karena semakin banyak ilmu yang didapat.Tetapi, siapa yang punya waktu untuk membaca semuanya?

Membaca semua buku memang tidak mungkin.Untuk awalnya, ada dua buku yang sebaiknya Anda baca.Yang pertama adalah buku yang penulisnya berasal dari negara maju dan yang kedua adalah buku yang penulisnya dari Indonesia. Untuk pilihannya Anda bisa mencari yang populer karena kualitasnya atau membaca review buku tersebut terlebih dahulu.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Membaca buku manajemen yang penulisnya berasal dari negara maju sangatlah penting karena didalamnya biasanya ada banyak ilmu mutakhir yang bisa membantu manajemen pemasaran.

Riset dan analisa yang mereka lakukan biasanya sangat detail sehingga hasilnya pun detail dan berkualitas dengan dukungan data yang bisa dipertanggungjawabkan. Carilah penulis yang memang terbukti ahli dan berpengalaman.

Buku-buku yang ditulis oleh penulis Indonesia penting untuk dibaca karena didalamnya biasanya ada nilai-nilai lokal yang perlu Anda pahami.Memang, pada dasarnya banyak sekali penulis-penulis Indonesia yang merujuk dari buku-buku internasional sehingga isinya terlihat serupa.

Tetapi, biasanya penulis lokal memasukkan pengalaman-pengalamannya dalam mempraktekkan ilmu pemasaran di dalam negeri.

Dengan begitu, biasanya ada penyesuaian teknik dan strategi dengan kondisi lokal Indonesia.Oleh karena itu, carilah buku-buku yang memberikan banyak contoh dan pengalaman dalam menguasai pasar dalam negeri.

Dengan membaca kedua jenis buku tersebut, kita bisa mendapatkan ilmu tingkat tinggi dan juga penyesuaiannya dengan kondisi dalam negeri.Hasilnya akan lebih baik karena ilmunya tinggi tetapi caranya lebih mudah dilakukan karena sudah sesuai dengan keadaan di Indonesia.

Jika Anda ingin melakukan pemasaran di luar negeri, sebaiknya cari buku manajemen pemasaran dari negara tersebut untuk memahami nilai lokal dan mengetahui kondisi pasar lokal.Hal ini sangat penting karena pemasaran dipengaruhi oleh jenis pasar. Jadi, kebudayaan dan kondisi masyarakat memegang peranan signifikan dalam pemasaran Anda.

Saat Anda melihat buku-buku manajemen pemasaran yang ada di pasaran, Anda kemungkinan besar akan menemukan buku-buku klasik yang ditulis puluhan tahun lalu tetapi masih banyak dibaca hingga saat ini. Mungkin Anda berpikir untuk apa membaca buku tua yang ketinggalan jaman. Tetapi, buku klasik seperti ini sebenarnya cukup penting karena didalamnya ada nilai-nilai fundamental yang tidak lekang oleh waktu.

Itulah alasan mengapa buku-buku ini masih tetap laris walaupun usianya mungkin lebih tua dari Anda.

Tetapi, tentunya Anda juga harus membaca buku terkini yang ditulis oleh para ahli masa kini.Perkembangan jaman dan perubahan yang terjadi akibat adanya peningkatkan teknologi, perubahan kebudayaan, dan perubahan pola pikir manusia dari tahun ke tahun membuat keadaan pasar dan ekonomi berbeda.Oleh karena itu, diperlukan ilmu dan praktek-praktek yang sesuai dengan jaman yang kita jalani saat ini.

Setelah Anda mendapatkan ilmu yang banyak baik yang sifatnya internasional maupun lokal, klasik dan juga terkini, lengkapi referensi Anda dengan buku yang ditulis oleh penulis yang berkecimpung di dunia bisnis yang serupa dengan bisnis Anda.Kondisi satu bisnis dengan bisnis lainnya tentunya berbeda sehingga manajemen pemasarannya pun bisa saja berbeda.

Anda bisa belajar dari pengalaman-pengalaman yang lebih spesifik dan sesuai dengan bisnis Anda agar lebih mengena dan lebih bisa dipraktekkan.

Jika Anda merasa ilmu yang Anda dapatkan masih kurang, lengkapi bacaan Anda dengan lebih banyak buku.

Jadi, seberapa banyak buku yang harus Anda baca tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan apa yang Anda rasakan berdasarkan pengalaman Anda dalam mempraktekkan ilmu pemasaran dalam bisnis Anda.

Setelah Anda sukses dengan manajemen pemasaran bisnis Anda, ada baiknya jika Anda meneruskan pencarian ilmu Anda dengan membaca lebih banyak buku lagi, terutama buku-buku terkini dan ilmu yang lebih spesifik.Seperti yang pernah dibahas tadi bahwa jaman terus berkembang dengan segala macam perubahannya. Oleh karena itu, Anda harus meng-update ilmu Anda dengan teknik-teknik dan strategi terkini sesuai perubahan jaman.

Kesimpulannya, membaca dua-tiga buku bisa Anda lakukan sebagai langkah awal Anda mendapatkan ilmu manajemen pemasaran untuk Anda praktekkan dalam bisnis Anda.Selanjutnya, Anda tambah pengetahuan Anda dengan lebih banyak membaca buku.Sisakan waktu untuk terus membaca dan belajar karena mencari pengetahuan tidak ada batasnya.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.