Buku Bagus tentang Cara Memulai Bisnis yang Paling Menguntungkan

Buku tentang cara memulai bisnis cukup banyak yang menjualnya di pasaran. Mulai dari pinggiran jalan yang dijual oleh para pedagang kaki lima (PKL) hingga toko buku besar dan terkenal. Meskipun berbeda harga dan kualitasnya, tetapi ada satu kesamaan.

Semua buku berbisnis tersebut menyuguhkan informasi yang bermanfaat untuk semua orang. Lebih spesifik lagi, yaitu manfaat berbisnis yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Pasalnya, bisnis tidak boleh dilakukan hanya dalam waktu sesaat saja atau instan.

Namun, bisnis yang hanya dilakukan dengan merintisnya dari bawah. Mulai dari perencanaan hingga pengelolaannya harus diaplikasikan sebaik-baiknya.

Lalu bagaimana memulai bisnis yang direkomendasikan itu? Sebuah pertanyaan yang layak dilontarkan khususnya Anda sekalian berjiwa wirausaha.

Mungkin Anda dalam waktu dekat ini ingin merintis sebuah bisnis atau malahan sudah menjalankan usaha tetapi sayangnya belum mendatangkan keuntungan banyak. Oleh karena itu, silakan untuk membaca uraian di bawah ini agar bisa mendapatkan inspirasi yang berharga dalam rangka berbisnis yang menguntungkan.

Bagaimana cara memulai bisnis yang direkomendasikan?

Berbisnis yang menguntungkan menjadi keinginan banyak pebisnis. Namun demikian, mewujudkannya tidaklah mudah. Sudah seharusnya bisnis dimulai dengan cara-cara yang direkomendasikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis, antara lain sebagai berikut.

1. Planning atau perencanaan
Tahap ini dilakukan di awal sebelum merintis sebuah bisnis. Anda harus merencanakan secara mendetail yang mencangkup banyak hal secara keseluruhan. Mulai dari ide berbisnis, produk yang dijual, alat produksi, modal, promosi, marketing, dan lain sebagainya.

Perencanaan tersebut nantinya bisa diaplikasikan langsung dalam pengelolaan bisnis. Dengan kata lain, Anda menjalankan bisnis sudah ada garis besar, rambu-rambu, atau batasan-batasannya. Itulah tahapan planning yang sangat penting dilakukan.

2. Modal usaha
Memulai bisnis memang sangat identik dengan pengadaan modal usaha. Modal di sini diartikan uang yang nanti dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan berbisnis. Pasalnya, cukup banyak kebutuhan berbisnis yang semuanya tidak mungkin didapatkan secara gratis.

Memang ada yang dimiliki secara gratis, tetapi hanya sebagian kecil saja. Sebagian besar kebutuhan harus dipenuhi dengan membeli, menyewa, mengontrak, atau apapun sebutannya. Misalnya, Anda berbisnis membutuhkan tempat usaha baik di dunia nyata atau dunia maya.

Tempat usaha di dunia nyata, seperti toko, kios, atau sejenisnya. Sementara itu, tempat usaha di dunia maya, seperti website, blog, dan sebagainya. Untuk memilikinya, Anda membutuhkan modal uang dengan nominal tertentu. Dalam buku tentang cara memulai bisnis, Anda juga bisa mempelajari cara mendapatkan dan mengelola modal usaha untuk berbisnis.

3. Promosi dan marketing
Jangan pernah melupakan kedua kegiatan ini saat berbisnis. Bahkan, sebelum bisnis dirintis Anda pun perlu merencanakan terlebih dulu. Dalam arti, cara berpromosi dan marketing yang nanti akan dilakukan. Pasalnya, keduanya sangat vital dalam penjualan produk.

Promosi dilakukan bertujuan untuk mengenalkan sebuah produk yang dijual di tengah masyarakat. Dengan berpromosi, maka semakin banyak orang mengetahui bahwa ada produk tertentu yang dijual dengan ciri atau spesifikasi yang diberikan mendetail informasinya. Promosi harus dilanjutkan dengan marketing.

Artinya, produk yang sudah diperkenalkan harus dijual kepada konsumen yang menginginkannya. Perlu dipraktikkan cara-cara marketing yang hebat dan luar biasa agar bisa menjual produk dalam jumlah lebih banyak. Dampak positifnya, yaitu pebisnis yang bersangkutan dapat menikmati keuntungan yang banyak.

Itulah ketiga hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin memulai sebuah bisnis dengan menjual produk tertentu. Setelah mengetahui dan membacanya, jangan lupa untuk mempelajarinya lebih detail dengan membaca buku tentang cara memulai bisnis.

Selanjutnya, Anda pun bisa segera mempraktikkan cara yang direkomendasikan tersebut. Perlu diingat bahwa bisnis dapat dipraktikkan dengan maksimal jika didukung perencanaan yang matang. Oleh karena itu, silakan untuk merencanakan ide atau gagasan bisnis yang sekarang ada di dalam kepala Anda. Realisasikan bisnis tersebut karena sangat mungkin dapat menguntungkan di kemudian hari. Itulah yang disebut bisnis prospektif di masa depan.

Produk seperti apa yang laris manis dijual di pasaran?
Berbisnis memang menjual produk, baik berwujud barang atau jasa. Setiap produk yang ingin dijual tentu memiliki karakteristik, kelebihan, serta kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, Anda pun perlu mengenal produk apa yang sepertinya laku untuk dijual. Ingat, jangan hanya meniru orang lain saja saat menjual sebuah produk. Belum tentu produk tersebut laku keras saat Anda jual. Pasalnya, sudah banyak orang atau pihak yang menjualnya lebih dulu.

Untuk kondisi seperti itu, Anda pun perlu berpikir agar bisa memberikan ciri khas pada produk yang akan dijual. tidak peduli apakah produk itu sudah banyak dijual atau belum di pasaran.

Namun yang terpenting, harus ada sesuatu yang diunggulkan sekaligus ditonjolkan agar menjadi daya tarik bagi konsumen luas. Semua tentang produk yang dingin dijual juga dapat Anda pelajari di buku tentang cara memulai bisnis.

Download FREE Ebook and Slides

Dapatkan 5 Buku Dahsyat tentang LIFE SKILLS dan FINANCIAL FREEDOM secara GRATIS!