Buku Bisnis Klasik Terbaik yang Wajib Anda Simak dan Praktekkan

Kesuksesan berbinis merupakan impian bagi semua orang yang sedang atau mulai merencanakan sebuah bisnis atau usaha.

Tetapi untuk mendapatkan kesuksesan tersebut tentunya bukan sebuah perkara yang mudah, perlu banyak strategi yang anda lakukan. Tidak sedikit orang-orang sukses yang ada di dunia ini mengawali bisnisnya dengan kegagalan, justru dari kegagalan tersebut mereka belajar untuk membangun keberhasilan.

Termasuk bagi anda yang sudah atau baru memulai sebuah bisnis tentunya terdapat banyak kekhawatiran mengenai bisnis yang anda jalankan tersebut, apakah akan berhasil dengan kesuksesan atau justru sebaliknya. Terdapapat 10 buku bisnis yang akan membantu anda menemukan inspirasi untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis.

1. How to Win Friends And Influence People in Digital Age (Dale Carnegie)
Buku tersebut mengajarkan bagaimana anda membangun sebuah komunikasi yang baik supaya anda bisa lebih mudah mendapatkan teman serta dihormati orang lain. Untuk bisa mememiliki banyak teman da di hormati anda harus terlebih dahulu menjadi pribadi yang memiliki rasa respect terhadap orang lain.

Sebisa mungkin di awal percakapan kalian dan seterusnya anda memberikan kesan mendalam dan baik sehingga anda akan mendapatkan kepercayaan orang lain. Ketika anda sudah mendapatkan kepercayaan, maka dengan mudah anda mampu menggerakan serta mempengaruhi orang tersebut. Tahap tersebut memang cukup krusial sebagai amunisi pertama anda membangun relasi bisnis.

2. The 4 Hour Work Week (Timothy Ferris)
Melalui buku ini sang penulis mencoba memberikan gambaran mengenai orang kaya baru atau New Rich, dimana orang kaya baru tersebut diartikan sebagai orang kaya yang memiliki gaya hidup yang lebih modern.

Timothy Ferris mendeskrisikan bahwa uang tidak lebih berharga dibandingkan waktu sehingga justru anda bisa mendapatkan waktu luang lebih banyak menggunakan uang yang anda miliki, misalnya dengan menyewa asisten untuk melakukan pekerjaan anda. Tetapi disamping itu anda juga perlu memiliki pendapatan tambahan, sehingga anda bisa mendapatkan 4 hal yang paling anda inginkan.

3. Focal Point (Brian Tracy)
Buku berjudul focal point ini membantu anda untuk menata kehidupan sehari-hari, sehingga anda bisa mengatur waktu anda dengan bijak dan efisien. Anda diminta mengindentifikasi aktivitas harian yang dirasa terlalu banyak menghabiskan waktu serta tidak terlalu menghasilkan.

Melalui buku ini anda juga diminta menentukan jadwal libur anda sehingga tidak banyak waktu anda yang harus terbuang sia-sia dan sebaliknya produktivitas kerja anda akan meningkat.

Terdapat beberapa trik yang dicontohnya untuk mengefektifkan waktu yang anda miliki misalnya dengan menggabungkan beberapa pekerjaan sekaligus, mempercayakan pekerjaan yang menurut anda justru membuang waktu, mulai menyortir dan mengeliminasi pekerjaan yang tidak penting. Selain itu dari buku ini anda juga diminta secara jelas merencanakan visi yang ingin anda capai 5 tahun kedepan.

4. The Magic of Thinking Big (David J. Schwartz)
Untuk mendapatkan kesuksesan besar tentunya diawali dari pikiran yang besar, sehingga memunculkan tekad yang menjadi tenaga luar biasa bagi anda untuk melakukan lompatan besar dalam hidup anda.

Buku ini menggambarkan bagaimana anda harus memiliki pola pikir yang besar untuk bisa memperoleh kesuksesan besar. Keyakinan dalam diri anda bahwa anda mampu ini lah yang akan mendorong anda menuju kebehasilan, karena kesuksesan adalah hak bagi setiap orang yang berani berpikir serta memiliki mimpi besar dan berani mewujudkannya.

5. Think anda Grow Rich (Napoleon Hill)
Napoleon Hill melalui buku ini mengajarkan bagaimana anda seharusnya menggunakan pikiran anda untuk bisa meraih kemakmuran, sehingga anda harus melatih pikiran anda sendiri untuk bisa melatih pikiran anda secara terus menerus terhadap apa yang anda inginkan.

Misalnya anda menginginkan membeli mobil sehari 1M dalam kurun waktu 1 tahun, maka anda harus melatih pikiran anda untuk bisa merasakan, membayangkan secara rill, bahkan mengendarai mobil tersebut secara langsung. Dengan demikian otak anda anda akan menemukan insipirasi bagaimana mewujudkan impian anda tersebut.

6. Man’s Search for Meaning (Viktor E. Frankl)
Perjuangan untuk meraih kesuksesan baik dalam bisnis maupun dalam hidup memang bukan perkara mudah, harus ada jatuh bangun bahkan perasaan putus asa. Melalui buku ini Viktor memberikan gambaran bagaimana anda tidak boleh menyerah dalam keadaan apapun.

Dalam buku ini Viktor telah kehilangan seluruh harta bahkan anggota keluarganya dalam Kamp. Nazi, yang tersisa hanyalah istrinya.

Dalam penjara Viktor berusaha membangun semangat serta kekuatan dalam dirinya yakni agar suatu saat bisa bertemu dengan istrinya kembali. Buku ini memberi pesan bagi anda agar bukan hanya sekedar bertahan menghadapi situasi yang menghimpit tetapi juga menemukan hakikat diri.

7. Purple Cow (Seth Godin)
Dalam buku ini Seth Godin memberikan gambaran bagaimana sebuah produk membutuhkan pemasaran yang baik yakni yang termasuk dalam daftar “P” (Product, Pricing, Positioning, Publicity, Packaging, Pass along, Permition, People).

Selain dari daftar “P” tersebut anda hal yang justru sangat penting yakni “Purple Cow”, yakni istilah sapi ungu di antara kumpulan sapi coklat di padang rumput, dimana anda harus menciptakan sebuah revolusi atau modifikasi dalam produk dan cara pemasaran anda sehingga berbeda dari yang lain.

Purple cow ini menggambarkan suatu hal yang amat menarik, extraordinary, dan diluar dugaan dalam teknik pemasaran anda, sehingga strategi tersebut menjadi gebrakan bagi anda untuk menciptakan produk sebaik dan semenarik mungkin, bahkan melebihi pendahulunya.

8. The Secret 4th of The Minute Manager (Ken Blanchard & Margret McBride)
Buku yang sangat direkomendasikan bagi anda yang belajar tentang management ini akan menyuguhkan kisah happy ending dari sebuah perusahaan yang sedang mengalami krisis dan hampir bangkrut.

Sang CEO meminta seorang karyawan baru perusahaan tersebut untuk membantunya mempersiapkan rapat direksi. Selanjutnya karyawan tersebut meminta bantuan dari salah satu teman ayahnya yang selanjutnya membocorka rahasia penting management yaitu 1) tujuan satu menit, 2) pujian satu menit, 3) teguran satu menit, serta strategi terakhir yang paling penting adalah 4) permohonan maaf satu menit.

Permohonan maaf disini menjadi poin yang amat penting karena meskipun mudah dilakukan, sering sekali seseorang sulit mengakui kebenaran dengan menutupi kesalahan yang telah dilakukan.

Download FREE Ebook and Slides

Dapatkan 5 Buku Dahsyat tentang LIFE SKILLS dan FINANCIAL FREEDOM secara GRATIS!