Buku Ekonomi yang Bagus tentang Teori Ekonomi Mikro

Anda pastinya memahami bahwa buku yang berhubungan dengan teori ekonomi sangatlah banyak dan beragam. Salah satu buku yang mengulas tentang teori ekonomi adalah buku Pengantar Teori Mikro Ekonomi karya Sadono Sukirno.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dalam ilmu ekonomi terdapat dua teori dasar yang terbagi menjadi dua bagian yaitu teori makro dan mikro. Buku ini bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda yang ingin mengkaji ataupun memperdalam tentang salah satu teori ekonomi mikro.

Mikro ekonomi merupakan salah satu cabang keilmuan tentang ekonomi yang berkaitan tentang keputusan yang dibuat oleh unit-unit ekonomi dalam level kecil seperti pekerja, konsumen, pemilik sumberdaya, penanam modal, serta perusahaan bisnis.

Bidang keilmuan ini juga mengkaji tentang beberapa hal yang berkaitan dengan interaksi konsumen dan perusahaan yang nantinya menjadi aspek pembentuk pasar serta industri.

Dalam mengkaji mikro ekonomi sangat dibutuhkan penggunaan teori yang bisa membantu dalam menjelaskan tentang bagaimana unit-unit ekonomi tersebut dalam berperilaku serta memperkirakan perilaku yang muncul di masa mendatang.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Konsep mikro ekonomi juga bisa digunakan untuk menangani pertanyaan positif yang dilakukan dengan menggunakan penjelasan dan prediksi dari sebuah fenomena.

Namun demikian, konsep mikro ekonomi juga sangat dibutuhkan dalam analisis normatif yang digunakan untuk mempertimbangkan pilihan yang terbaik untuk perusahaan dan masyarakat secara menyeluruh. Analisis normatif ini seringkali juga dikombinasikan dengan value judgement individual.

Konsep pasar bisa didefinisikan sebagai sekelompok pembeli dan penjual yang menunjukkan interaksi dan memungkinkan terjadinya penjualan dan pembelian sebagai bentuk dari hasil interaksi tersebut.

Konsep mikro ekonomi ini meliputi studi tentang pasar dengan persaingan sempurna serta pasar yang tidak bersaing yang memiliki dampak terhadap harga. Harga pasar tersebut ditetapkan dari interaksi penjual dan pembeli. Harga pasar inilah yang nantinya menjadi harga rata-rata.

Dalam pembahasan yang berhubungan tentang pasar tentu hal ini akan mencakup konsep yang cukup luas yang mana ada pengertian batas geografis serta kisaran produk yang mungkin tercakup di dalamnya karena beberapa pasar ada yang sangat terlokalisir dan sebagian lainnya memiliki cakupan yang luas sekali. Melalui buku tersebut, Anda akan mengetahui tentang cara mengurangi pengaruh inflasi.

Anda juga bisa mengetahui analisa penawaran permintaan yang memang menjadi alat dasar dalam konsep mikro ekonomi. Analisa penawaran dan permintaan, Anda pastinya memahami dan mengetahui tentang adanya kurva yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa banyak produk yang akan diproduksi oleh perusahaan serta bagaimana permintaan konsumen sebagai fungsi dari harga.

Selain itu, analisa lain yang dikaji dalam buku ini adalah terkait tentang teori tingkah laku dan perilaku konsumen. Tak hanya itu, buku ini juga memberikan gambaran tentang teori dan pengaplikasian terkait tentang fungsi-fungsi produksi, ongkos produksi, dan penentuan pendapatan serta teori distribusi.

Meskipun buku ini hanya sebagai pengantar tentang teori dan konsep mikro ekonomi, apa yang dijelaskan dan disampaikan dalam buku ini cukup lengkap dan detail sehingga buku ini bisa menjadi pilihan yang sangat bagus bagi siapa saja yang ingin lebh memahami persoalan pokok dalam suatu perekonomian.

Uraian dan penjelasan dalam menerangkan tentang teori dasar dalam konsep mikro ekonomi juga sangat komprehensif yang mana mencakup tentang analisa mikroekonomi juga.

Penjelasan dan uraian yang dilakukan secara bertahap selangkah demi selangkah tentang apa yang harus diproduksi oleh masyarakat, bagaimana produk tersebut diproduksikan, dan untuk siapa pendapatan nasional didistribusikan.

Buku Pengantar Teori Mikro Ekonomi terdiri dari beberapa bab yang mana dalam setiap bab terdapat penjelasan, definisi grafik, beberapa masalah ekonomi, serta berbagai hal lainnya yang terkait tentang mikro ekonomi.

Teori ekonomi merupakan pandangan yang memberikan gambaran sifat-sifat hubungan yang wujud dalam suatu kegiatan ekonomi dan membuat ramalan atau prediksi tentang peristiwa yang terjadi ketika ada sesuatu yang mempengaruhi.
Sedangkan mikro ekonomi merupakan cabang ilmu tentang ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar dan kuantitas dari faktor input, jasa, ataupun barang yang diperjualbelikan.

Dalam keilmuan ini dipelajari tentang bagaimana berbagai keputusan dan perilaku konsumen tersebut bisa mempengaruhi terhadap penawaran dan permintaan atas jasa dan barang dalam penentuan harga, penentuan permintaan dan penawaran atas barang dan jasa selanjutnya. Tujuan dari mikro ekonomi adalah untuk menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif atas produk dan jasa serta alokasi dari sumber terbatas.

Buku Pengantar Teori Mikro Ekonomi yang ditulis oleh Sadono Sukirno tersebut sangat cocok dimanfaatkan bagi para mahasiswa Jurusan Ekonomi sebagai referensi untuk memahami tentang teori mikro ekonomi elementer.

Tentu saja, selain buku tersebut ada beberapa buku lain yang layak untuk direkomendasikan yang mana berguna untuk memperdalam dalam kajian dan pemahaman tentang teori mikro ekonomi.

Buku ini bisa menjadi salah satu buku pilihan untuk memahami salah satu cabang dari teori ekonomi.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.