Buku Ekonomi yang Bagus tentang Teori Ekonomi Mikro

Anda pastinya memahami bahwa buku yang berhubungan dengan teori ekonomi sangatlah banyak dan beragam. Salah satu buku yang mengulas tentang teori ekonomi adalah buku Pengantar Teori Mikro Ekonomi karya Sadono Sukirno.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dalam ilmu ekonomi terdapat dua teori dasar yang terbagi menjadi dua bagian yaitu teori makro dan mikro. Buku ini bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda yang ingin mengkaji ataupun memperdalam tentang salah satu teori ekonomi mikro.

Mikro ekonomi merupakan salah satu cabang keilmuan tentang ekonomi yang berkaitan tentang keputusan yang dibuat oleh unit-unit ekonomi dalam level kecil seperti pekerja, konsumen, pemilik sumberdaya, penanam modal, serta perusahaan bisnis.

Bidang keilmuan ini juga mengkaji tentang beberapa hal yang berkaitan dengan interaksi konsumen dan perusahaan yang nantinya menjadi aspek pembentuk pasar serta industri.

Dalam mengkaji mikro ekonomi sangat dibutuhkan penggunaan teori yang bisa membantu dalam menjelaskan tentang bagaimana unit-unit ekonomi tersebut dalam berperilaku serta memperkirakan perilaku yang muncul di masa mendatang.

Konsep mikro ekonomi juga bisa digunakan untuk menangani pertanyaan positif yang dilakukan dengan menggunakan penjelasan dan prediksi dari sebuah fenomena.

Namun demikian, konsep mikro ekonomi juga sangat dibutuhkan dalam analisis normatif yang digunakan untuk mempertimbangkan pilihan yang terbaik untuk perusahaan dan masyarakat secara menyeluruh. Analisis normatif ini seringkali juga dikombinasikan dengan value judgement individual.

Konsep pasar bisa didefinisikan sebagai sekelompok pembeli dan penjual yang menunjukkan interaksi dan memungkinkan terjadinya penjualan dan pembelian sebagai bentuk dari hasil interaksi tersebut.

Konsep mikro ekonomi ini meliputi studi tentang pasar dengan persaingan sempurna serta pasar yang tidak bersaing yang memiliki dampak terhadap harga. Harga pasar tersebut ditetapkan dari interaksi penjual dan pembeli. Harga pasar inilah yang nantinya menjadi harga rata-rata.

Dalam pembahasan yang berhubungan tentang pasar tentu hal ini akan mencakup konsep yang cukup luas yang mana ada pengertian batas geografis serta kisaran produk yang mungkin tercakup di dalamnya karena beberapa pasar ada yang sangat terlokalisir dan sebagian lainnya me