Buku Good to Great Jim Collins Memukau Pengusaha Indonesia

Anda yang berprofesi sebagai seorang pengusaha atau pebisnis maka buku Good to Great karya Jim Collins merupakan bacaan yang menarik. Ini adalah salah satu judul buku yang sangat fenomenal di Indonesia yang cukup menyedot perhatian.

Di dalam buku Good to Great ini sempat mencantumkan beberapa nama perusahaan besar yang sayangnya saat ini perusahaan besar tersebut sudah gulung tikar.

Hal itulah yang sempat menyebabkan banyaknya muncul kritik yang menganggap buku tersebut tidak lagi sesuai dengan kenyataan yang ada.

Ada sebuah kalimat yang cukup menyerot perhatian publik yang terdapat di buku ini. Kalimat itu berbunyi good adalah musuh dari great atau yang berarti baik adalah musuh dari hebat.

Disini akan diberikan beberapa ringkasan utama mengenai buku karya Jim Collins yang diharapkan bisa membawa perubahan bagi diri Anda nantinya. Hal tersebut mengenai beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam sebuah organisasi atau perusahaan jika Anda ingin semuanya berhasil dengan baik dan menjadi yang hebat atau great.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Yang pertama adalah leadership level 5. Pada tahapan ini seorang pemimpin atau individu memiliki dua hal penting yaitu sisi sederhana sebagai seorang individu namun sebagai seorang yang professional saat berada pada posisi pemimpin.

Mereka yang menjadi seorang pemimpin di level 5 ini biasanya adalah seorang yang cukup disukai. Mereka cukup sederhana, rendah hati, dan banyak kontribusi untuk orang lain.

Mereka bukan pribadi yang sombong atas apa yang sudah dicapainya. Beberapa nama besar di dunia seperti Steve Jobs, Richard Branson termasuk dalam seorang pemimpin di level 5.

Kemudian yang kedua adalah melakukan rekrutmen atas orang-orang berkualitas yang mampu memberikan kinerja yang terbaik untuk setiap bidang pekerjaan yang mereka kuasai. Setelah Anda mendapatkan orang terbaik kemudian tentukan akan seperti apakah tujuan itu nantinya.

Pastikan Anda memiliki tim awal yang kompak sehingga memiliki pemikiran dan tujuan yang sama ke arah yang positif.

Sayangnya, saat ini banyak sekali perusahaan yang hanya memiliki beberapa orang yang ahli sehingga pekerja lainnya hanya sebagai penonton dan tidak bisa mengembangkan kemampuan dan kinerjanya secara lebih maksimal lagi.

Yang selanjutnya adalah confront the brutal fact yang artinya adalah komunikasi menjadi kunci yang utama untuk kemajuan sebuah perusahaan atau organisasi.

Perlunya sikap terbuka dalam organisasi yang Anda miliki sehingga semua informasi bisa tersampaikan dengan baik kepada seluruh jajaran yang ada. Keterbukaan sangat penting dan seorang leader harus mampu mensupport sekaligus menjadi fasilitator dalam hal ini.

Dengan adanya keterbukaan maka beberapa permasalahan seperti karyawan yang memberontak, ketidak jujuran, korupsi dan demo buruh misalnya, semua bisa dihindari dengan baik.

Yang keempat adalah mengenai analisa perusahaan yang mengacu pada tiga hal besar yaitu hal terbaik apa yang bisa organisasi atau perusahaan lakukan, hal terbaik apa yang dimiliki oleh organisasi dibandingkan dengan competitor dan juga kegiatan ekonomi seperti apa yang bisa mendatangkan keuntungan paling besar untuk perusahaan tersebut.

Selanjutnya telaah lagi siapa yang berperan paling besar dalam pelaksanaan semua kegiatan penting diatas? Hanya karyawan tertentu, jabatan tertentu atau semuanya.

Kemudian adalah penerapan disiplin dalam perusahaan sebagai fondasi utama untuk sebuah kesuksesan.

Tidak ada perusahaan yang bisa berkembang besar dan sukses tanpa sebuah kedisiplinan yang baik. Tentu saja tidak mungkin akan ada pengawas yang bertugas mengawasi kinerja setiap karyawan selama seharian penuh bekerja. Jika sejak awal diterapkan kedisiplinan maka tanpa pengawasan pun setiap karyawan akan merasa bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Hal ini akan sangat berdampak baik bagi perusahaan dan perkembangannya sendiri.

Setelah semuanya, kemajuan teknologi pun perlu berperan aktif dalam sebuah perusahaan. Kemajuan teknologi akan sangat membantu kinerja seperti misalnya saat ini adalah sebuah Bank BUMN yang berhasil menjadi pemilik satelit pertama di dunia.

Ini akan sangat menginspirasi semua perusahaan yang secara tidak langsung akan menjadikan bank tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan. Dan untuk perkembangan perusahaan sendiri juga akan semakin baik mulai dari sistem dan kinerjanya.

Buku Good to Gread Jim Collins ini sangat menginspirasi dan sukses menjadi buku paling dicari. Untuk seorang pengusaha ada banyak hal-hal yang bisa dipelajari di dalam sini sehingga bisa membantu keberhasilan dalam perkembangan perusahaan itu sendiri.

Di Indonesia sendiri, ada perusahaan yang bisa dikatakan Great namun ada juga yang masih dalam taraf Good.

Semuanya tentu saja membutuhkan proses yang harus berkesinambungan dengan hal lainnya. Untuk Anda seorang pengusaha baru atau yang baru ingin membangun sebuah bisnis, pelajari banyak hal penting dari hal-hal yang mungkin akan membuat Anda terkejut nantinya.

Buku Good to Great ini bisa Anda miliki secara fisik maupun dengan download e book nya secara online.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.