Buku Manajemen Bisnis Terbaik Karangan Rhenald Kasali

Banyak yang menulis buku hanya demi mendapatkan popularitas dan sejumlah uang. Namun, hal tersebut sama sekali tidak berlaku bagi tokoh manajemen Rhenald Kasali. Setiap kali menulis buku, pakar bisnis dan manajemen tersebut ingin agar orang – orang yang membacanya dapat mengubah cara berpikir mereka.

“Perubahan” adalah kata kunci yang kerap kali hadir di dalam buku bisnis dan manajemen yang dia tulis. Bahkan, beberapa buku best seller yang dia tulis secara gamblang menggunakan kata tersebut (Change). Dirinya mengaku bahwa perubahan memang sudah menjadi sifat aslinya yang tidak dapat dirubah lagi.

Rhenald Kasali menyatakan bahwa saat seseorang ingin mengubah lingkungan yang ada di sekitarnya, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah dirinya sendiri. Dan hal itu sudah dilakukannya sejak masih belia. Salah satu buktinya adalah bahwa di antara lime bersaudara, hanya Rhenald Kasali yang berhasil menyelesaikan pendidikan S1 walau di tengah himpitan ekonomi.

Di dalam buku yang diterbitkan pada tahun 2005 berjudul Change!

Terdapat kalimat “Berubah atau Mati”. Buku tersebut secara lengkap memuat sejarah, filosofi serta konsep dasar perubahan sekaligus menjelaskan bagaimana seseorang atau organisasi mengelola perubahan. Menurutnya, saat ini banyak orang terjebak oleh kesuksesan masa lalu sehingga enggan untuk melakukan perubahan.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Padahal, segala masalah yang hadir selalu menuntut seseorang atau organisasi untuk berbuat sesuatu yang berbeda. Buku lainnya yang berjudul Re-Code Your Change DNA terbukti mampu menginspirasi banyak orang.

Bagi seorang Rhenald Kasali, yang terpenting adalah semakin banyak orang yang mampu mengubah cara berpikir mereka menjadi lebih baik setelah membaca buku – buku yang telah ia tulis.

Bahkan, bukan hanya kalangan entrepreneur atau pebisnis yang antusias dengan ide perubahan yang dia angkat melainkan juga kelompok – kelompok masyarakat. Rhenald Kasali pernah diundang oleh masyarakat Buddhis untuk melakukan presentasi. Menurut mereka, perubahan merupakan filosofi dari Sidharta Gautama.

Menulis buku yang mampu menginspirasi banyak kalangan tentu saja bukan merupakan hal yang mudah. Untuk bisa melakukannya, Rhenald Kasali mendapatkan ide untuk tema buku yang akan dia tulis dari interaksinya dengan lingkungan sekitar. Dengan memegang prinsip “mencintai pekerjaan yang sedang dijalani”, seorang Rhenald Kasali mampu mendalamu bidang yang ia geluti, bahkan dirinya mampu menempuh pendidikan doktoral di Amerika.

Sebagai sosok yang tumbuh di dunia marketing, dirinya mengaku pernah merasakan bahwa ada yang salah dengan dunianya tersebut.

Rhenald Kasali mengaku bahwa ketika sudah mendalami banyak teori marketing, dirinya menemukan bahwa marketing cenderung menjadi ilmu yang statis. Dirinya juga menemukan bahwa banyak perusahaan menerapkan strategi marketing seperti yang banyak diajarkan di sekolah – sekolah. Perusahaan – perusahaan tersebut sudah memiliki banyak sekali ilmu, namun tetap saja banyak yang bangkrut.

Kecenderungan yang dilihatnya adalah bahwa marketing hanya dijadikan sebagai pengetahuan. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena basis organisasi yang mengoperasikan marketing tidaklah benar.

Dari sanalah kemudian muncul ide untuk menulis tema – tema perubahan manajemen di dalam buku – bukunya.
Apa yang ditulis oleh Rhenald Kasali di dalam buku – buku bisnisnya merupakan akumulasi dari berbagai teori, pengalaman yang pernah dia jalani serta pergaulannya yang sangat luas.

Dalam buku Change!, dirinya menulis tentang keterlibatannya di dalam memperbaharui banyak perusahaan yang terancam bangkrut. D samping itu, dirinya juga dipercaya untuk menjadi mitra kerja Prof Michael Porter dari Harvard University untuk mendorong perusahaan agar bersedia memperbaiki daya saing mereka. Buku Re-Code bahkan terinspirasi dari budaya beberapa suku bangsa di dunia, seperti suku Masai di Kenya serta kaum Gipsi di Praha.

Tidak hanya menulis buku dan membantu banyak perusahaan untuk berubah, seorang Rhenald Kasal juga melakukan gerakan pembaruan di lingkungan tempat tinggalnya di daerah Jati Murni, Bekasi. Di sana, dia mendirikan “Rumah Perubahan”. Tempat tersebut digunakannya untuk membantu mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan, melalui sebuah program bernama Sampah Solution.

Di tempat tersebut juga dilakukan berbagai pelatihan budidaya ikan serta mengembangkan kloning tanaman jati unggul. Selain Rumah Perubahan, Rhenald Kasali beserta beberapa tokoh lain juga mendirikan Rumah Baca dan Rumah Kesehatan yang ditujukan bagi anak – anak kurang mampu.

Oleh sebab itulah, dengan membaca buku – buku karya Rhenald Kasali, diharapkan kita semua mampu berubah ke arah yang lebih baik. Harus diakui bahwa melakukan sebuah perubahan memang tidaklah semudah yang dikatakan. Namun, jika kita enggan berubah maka nasib kita pun tidak akan pernah berubah. Prinsip yang sama juga berlaku bagi perusahaan dan organisasi.

Jika kita membutuhkan inspirasi dan dorongan untuk bisa berubah dan berkembang, tidak ada salahnya apabila kita membaca buku – buku karya sang pakar manajemen yang kaya akan pesan perubahan dan inspirasi.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.