Buku Manajemen SDM dan Strategi Pengembangan SDM Terbaik untuk Perusahaan

Belajar tentu tidak mengenal waktu serta batasan. Kapanpun hendaknya kita bisa mengambil suatu pelajaran yang berguna baik untuk kehidupan pribadi kita ataupun sekitar kita termasuk tempat bekerja kita.

Ketika Anda bekerja dalam bidang manajemen SDM ataupun memiliki sebuah perusahaan yang mana Anda memiliki bawahan atau karyawan yang bekerja pada Anda, Anda sebaiknya memilih buku strategi pengembangan SDM yang berkualitas terbaik untuk memberikan lebih banyak wawasan dan pengetahuan tentang cara mengembangkan sumber daya manusia yang ada di perusahaan Anda.

Semua organisasi ataupun perusahaan sangat penting untuk mengadakan pengembangan sumber daya manusia karena bagaimanapun karyawan menjadi salah satu aset penting guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Selain itu, kegiatan pengembangan SDM ini hendaknya juga dilakukan dengan tidak sembarangan dan memerlukan adanya koordinasi yang baik pada setiap unit kerja di perusahaan tersebut dengan unit atau bagian kepegawaian.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena setiap unit kerja pastinya akan lebih mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan mereka untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan teknis dari karyawan yang bekerja di unit mereka.

Sedangkan bagian kepegawaian memiliki peran untuk mendukung dalam melaksanakan aktifitas dari pengembangan SDM guna meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan teknis pada setiap unit kerja tersebut.

Bagian kepegawaian bisa membuat perencanaan untuk mengembangkan karier dari pegawai sehingga nantinya perusahaan bisa memiliki karyawan dengan kualitas dan kompetensi yang sesuai dengan standar yang ditetapkan serta sesuai dengan posisi dan jabatan mereka nantinya.

Melalui buku strategi pengembangan SDM, Anda bisa mempelajari tentang bagaimana cara menyusun strategi dan perencanaan untuk mengembangkan SDM yang ada di perusahaan Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui tentang tahapan pengembangan SDM yang mana terbagi menjadi dua aspek kegiatan yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Tahapan pengembangan SDM tersebut adalah kegiatan pelatihan serta kegiatan pengembangan SDM itu sendiri. Kedua tahapan ini hendaknya berkesinambungan sehingga potensi yang dimiliki karyawan bisa dimanfaatkan secara lebih efektif guna mencapai tujuan dan target yang ditetapkan perusahaan.

Dalam pengembangan sumber daya manusia perlu ditekankan keberadaan manusia baik sebagai alat ataupun tujuan akhir dari pembangunan.

Yang dalam jangka pendek bisa diartikan sebagai pengembangan pendidikan serta pelatihan yang mana tujuannya adalah untuk memenuhi sektor tenaga ahli dalam bidang teknik, administrasi, serta kepemimpinan. Jadi, manusia di sini memiliki kedudukan dan peran sebagai pelaku sekaligus penerima dari pembangunan itu sendiri. Dan untuk mencapai hal itu perlu melakukan peningkatan pendidikan dan pelatihan guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil.

Tentu saja, unsur pendukung dalam pengembangan sumber daya manusia tidak hanya terletak pada pendidikan dan pelatihan namun juga ada beberapa unsur lainnya seperti kesehatan, gizi, peluang kerja, lingkungan hidup yang sehat, kehidupan berpolitik, serta pengembangan karir di tempat kerja.

Setiap perusahaan atau organisasi pastinya memiliki standar dan target yang telah ditetapkan. Namun kenyataannya, karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut tidak selalu memiliki kualifikasi yang sesuai dengan apa yang ditargetkan. Hal inilah pentingnya untuk melakukan sebuah strategi pengembangan SDM yang mana berguna untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut secara efektif dan efisien.

Karyawan dalam sebuah perusahaan memang menjadi SDM dan aset yang sangat penting untuk bisa mencapai tujuan tersebut sehingga harus diberikan pendidikan serta pelatihan sebaik mungkin dalam rangka mengembangkan kualitas dan produktifitas mereka yang nantinya berguna untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dalam membuat kegiatan pengembangan SDM baik melalui pendidikan ataupun pelatihan tentu sangat diperlukan beberapa strategi yang tepat sasaran sehingga hasil yang dicapai juga bisa lebih optimal dan bisa dimanfaatkan secara maksimal nantinya untuk pengembangan dan kemajuan perusahaan itu sendiri. Pengembangan SDM ini sangat perlu untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan ketrampilan melalui pelatihan yang berguna untuk meningkatkan kualitas dan potensi mereka guna menjalankan tugas-tugas dan tanggung jawab mereka dengan lebih baik apalagi dengan semakian kompleks dan berkembangnya teknologi saat ini.

Pengembangan SDM bisa dilakukan dengan memberikan kesempatan penugasan jabatan-jabatan kepemimpinan mulai dari level yang paling sederhana hingga yang kompleks. Selain itu, para karyawan tersebut juga perlu untuk diikutkan dalam pendidikan dan pelatihan untuk melatih dan membekali mereka ketrampilan serta untuk lebih menggali potensi mereka. Ketika dalam masa pelatihan tersebut, karyawan yang bersangkutan bisa menguasai tugas serta pengetahuan yang diberikan dengan baik maka mereka akan memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih efisien dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan.

Pemimpin perusahaan tentu memiliki tanggung jawab untuk bisa mengatur dan menyusun rencana serta strategi pengembangan SDM yang tepat untuk kemajuan perusahaannya nanti. Selain berkonsultasi dengan ahli dalam bidang perencanaan dan pengaturan strategi pengembangan SDM, Anda juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda dengan membaca berbagai buku strategi pengembangan SDM dengan kualitas yang baik.

Download FREE Ebook and Slides

Dapatkan 5 Buku Dahsyat tentang LIFE SKILLS dan FINANCIAL FREEDOM secara GRATIS!