Buku Manajemen SDM Terbaik yang Layak Anda Pelajari

Sumber daya manusia merupakan salah satu aset terpenting dalam perusahaan. Walaupun keberhasilan perusahaan sering dilihat dari aset-aset fisik dan pencapaian perusahaan, tetapi semua itu tidak akan bisa didapatkan tanpa adanya kualitas sumber daya manusia yang bekerja untuk menghasilkannya.

Oleh karena itu, sebuah perusahaan maupun organisasi lain membutuhkan manajemen SDM yang baik jika ingin usaha yang dijalankan berhasil dan terus berkembang.

Untuk menjalankan manajemen SDM, tentunya dibutuhkan ilmu yang salah satunya didapatkan dari membaca buku manajemen SDM. Dari sekian banyaknya buku yang ada, pemilihan buku yang dijadikan referensi akan memberikan dampak yang berbeda. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih buku yang tepat untuk Anda.
Pada dasarnya, buku manajemen SDM yang banyak terdapat di toko-toko buku bisa dikategorikan menjadi tiga macam buku.

Yang pertama adalah buku yang membahas teori, yang kedua membahas nilai-nilai praktis, dan yang ketiga adalah buku yang merangkum teori dan nilai-nilai praktis. Untuk membedakannya, Anda biasanya harus membaca review dari buku-buku tersebut.

Jika kita lihat secara sekilas, buku yang merangkum teori dan nilai-nilai praktis merupakan referensi terbaik dalam mempelajari manajemen SDM.Kita semua tahu bahwa baik teori maupun nilai-nilai praktis sangatlah penting dan dibutuhkan.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Teori sangatlah penting untuk memahami nilai-nilai dasar manajemen SDM sedangkan nilai-nilai praktis dibutuhkan untuk bisa mengaplikasikan manajemen SDM dalam perusahaan.Jadi, jika dalam satu buku sudah merangkum semuanya, tentu itu adalah pilihan terbaik.

Memang benar bahwa buku yang merangkum teori dan nilai-nilai praktis sangatlah menguntungkan pembacanya.

Tetapi, hal ini lebih dikhususkan kepada pembaca pemula.Karena merupakan rangkuman, maka isinya merupakan pokok-pokok ilmu yang menjadi dasar manajemen SDM.Buku seperti ini lebih mudah dipahami oleh pemula dan lebih menarik karena tidak hanya berisi sederet teori yang membosankan.

Tetapi, kekurangannya adalah tidak detail dalam membahas teori dan juga prakteknya secara mendalam.

Jika Anda ingin menjadi praktisi SDM yang mumpuni, sebaiknya Anda mempelajari manajemen SDM dari teori dahulu dengan lebih mendalam.Hal ini penting karena teori merupakan dasar ilmu yang akan menjadi fondasi. Jika fondasinya kuat, maka bangunannya akan kuat. Jadi kuatkanlah fondasi ilmu manajemen SDM Anda dengan membaca teorinya.

Buku-buku bersifat teoritis yang biasanya ditulis oleh para ilmuwan dengan titel professor ditulis berdasarkan hasil riset dan memang biasanya sangat membosankan.Bahkan, tampak luarnya saja mungkin membuat Anda ragu untuk membacanya.

Buku teori biasanya cukup tebal dengan halaman yang bisa mencapai ratusan.

Di dalamnya biasanya dimulai dengan penjelasan tentang pentingnya sumber daya manusia dan fungsi manajemen SDM.Selanjutnya teori dilengkapi dengan langkah-langkah pengelolaan dan pengembangan SDM yang meliputi perencanaan, recruitment dan seleksi, pengembangan SDM, pengelolaan SDM, dan kepemimpinan.

Pembahasannya diuraikan secara mendetail dengan kalimat-kalimat yang memerlukan kecermatan tinggi untuk bisa memahaminya.Terlebih lagi jika penulisnya memaparkan hasil pemikirannya yang dalam, kita harus fokus dalam membacanya.Tetapi, jika Anda berhasil memahami isi buku tersebut, maka Anda memiliki modal yang besar untuk mengelola sumber daya manusia.

Setelah Anda memiliki dasar yang kuat, barulah Anda melangkah ke mempelajari nilai-nilai praktis.Buku seperti ini biasa ditulis oleh para praktisi berdasarkan pengalaman yang telah mereka jalani.

Beberapa diantaranya ditulis oleh praktisi SDM yang berpengalaman dalam menangani SDM di perusahaan-perusahaan besar dunia sehingga membuatnya menjadi menarik.

Isinya terasa lebih hidup dan nyata karena memang sudah dibuktikan dalam pengelolaan perusahaan.Dari pemaparan-pemaparan yang diberikan, Anda dapat lebih mudah mengimplementasikan manajemen SDM dalam perusahaan Anda.

Perlu diingat bahwa mempelajari nilai-nilai praktis bisa membingungkan jika Anda tidak memiliki dasar teori yang kuat.Jadi, jangan langsung belajar praktek tanpa mempelajari teorinya terlebih dahulu.

Selain itu, Anda harus pintar memilih nilai-nilai praktis yang sesuai dengan bidang dan kondisi perusahaan Anda.Sebagai contoh, praktek manajemen SDM dalam bidang produksi tentunya berbeda dengan manajemen SDM bidang pemasaran.Jiwa, gaya pekerjaan, dan pola pikir yang berbeda membuat cara menghadapi karyawan menjadi berbeda. Saat memilih buku, perhatikan detailnya.

Bagi para praktisi manajemen SDM, mempelajari ilmu manajemen SDM harus dilakukan secara berkesinambungan.Membaca satu dua buku tentunya tidak akan cukup. Anda membutuhkan lebih banyak referensi agar pemahaman Anda lebih dalam dan Anda memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan ilmu dengan benar, termasuk melakukan pemecahan-pemecahan masalah sering terjadi selama mengelola sumber daya manusia di dalam perusahaan.

Selain itu, kondisi dunia juga terus berkembang dengan berbagai perubahan yang terjadi di dalamnya.

Manajemen SDM harus bisa berjalan selaras dengan perubahan-perubahan tersebut agar tidak terjadi masalah.Oleh karena itu, selalu ada perkembangan dalam ilmu manajemen SDM baik teori maupun prakteknya.Teruslah memperbanyak referensi Anda untuk mengikuti perkembangan jaman tersebut sehingga Anda bisa terus maju.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.