Buku Manajemen Strategi yang Bagus untuk Pengembangan Strategi Bisnis Anda

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa lingkungan dunia pastinya akan mengalami perubahan dari beragam aspek yang mana hal ini akan memberikan dampak bagi perkembangan negara termasuk bisnis.

Dengan adanya kondisi yang demikian, dalam menjalankan kegiatan apapun sangat diperlukan adanya keselarasan dalam menentukan arah serta tujuan dari orientasi kita.

Hal ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap pemimpin baik pemimpin pemerintahan, perusahaan, ataupun organisasi apapun. Meskipun demikian, tak jarang kita menjumpai adanya beragam slogan ataupun bentuk visi misi yang disebutkan dalam organisasi namun sangat minim aplikasi. Ini merupakan bagian dari penerapan startegi yang buruk.

Manajemen strategi bisa diartikan sebagai proses pemilihan dan penerapan strategi untuk bisa mengindentifikasi hal-hal apa saja yang ingin dicapai serta bagaimana seharusnya dalam proses pencapaian hasil yang memiliki nilai.

Peranan manajemen strategi ini semakin di akui pada masa sekarang dibandingkan pada masa-masa sebelumnya karena hal ini sejalan dengan tingkat kompetisi dan persaingan dalam dunia global yang semakin ketat.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Dari sedikit penjelasan tentang apa itu manajemen strategi, hal ini bisa memberikan gambaran bahwa fokus manajemen ini terdapat pada perpaduan manajemen, keuangan, pemasaran, operasi, pengembangan, hingga sistem informasi berbasis komputerisasi guna mencapai tujuan organisasi.

Manajemen strategi ini baru bisa dikatakan mencapai keberhasilan ketika seluruh anggota atau karyawan memahami apa yang menjadi sasaran dan arah bisnis, pesaing, hingga rencana produk yang akan dijalankan sehingga kunci keberhasilan dalam manajemen strategi adalah komunikasi.

Ketika apa yang menjadi strategi perusahaan hanya menjadi sebuah slogan ataupun jorgan, hal ini menunjukkan indikasi bahwa manajemen strategi tersebut buruk.

Strategi yang baik akan menjadi sebuah respon yang tepat terhadap tantangan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut baik secara spesifik ataupun menyeluruh.

Ketika Anda mencari info tentang manajemen strategi terbaik, Anda mungkin akan menemukan beberapa rerferensi yang mengulas tentang strategi yang dijalankan oleh perusahaan-perusahaan besar dan ternama kelas dunia seperti Apple.

Perusahaan kelas internasional tersebut memang bisa dikatakan memiliki manajemen strategi yang baik guna mencapai keberhasilan sebagaimana yang bisa kita lihat saat ini.

Apple yang pernah dalam kondisi di ambang kehancuran rupanya bisa tetap bertahan dan bangkit kembali dengan beberapa strategi yang dilakukan.

Salah satu langkah yang dilakukan Steven Jobs sebagai pucuk pimpinan Apple adalah mengembalikan perusahaan tersebut pada bisnis inti.

Apa yang dilakukan Jobs pada perusahaan tersebut merupakan strategi yang baik dimana ia merancang seperangkat aksi dan langkah-langkah jitu yang fokus dan terkordinasi dengan baik untuk tujuan pada inti permasalahan yang terjadi saat itu.

Dalam perumusan strategi atau visi dari sebuah perusahaan tidaklah harus sesuatu yang muluk dan ambisius namun lebih disesuaikan dengan inti permasalahan yang menjadi fokus utamanya.

Dalam buku tersebut juga dijelaskan tentang adanya strategi buruk.

Munculnya strategi yang buruk bukan semata merupakan akibat tidak adanya strategi yang baik. Strategi buruk tersebut bisa muncul akibat dengan tidak ada fungsi kepemimpinan padahal peran dan fungsi kepemimpinan akan sangat krusial dan penting dalam membentuk strategi bagi perusahaan.

Selain itu, adanya strategi buruk tersebut juga bisa muncul akibat dari pemahaman yang salah dari pemimpin perusahaan ataupun organisasi dalam memaknai strategi.

Richard P. Rumelt menyebutkan adanya istilah strategi buruk ini sekitar tahun 2007 dalam sebuah seminar yang diadakan untuk mengevaluasi terhadap kualitas strategi keamanan nasional AS yang mengalami penurunan pada masa itu.

Dalam buku tersebut, Rumelt menjelaskan bahwa dalam merumuskan sebuah strategi yang baik, tidak cukup hanya dengan memiliki pengetahuan manajemen strategi semata. Mendapatkan pengetahuan tentang manajemen strategi mungkin menjadi suatu hal yang mudah untuk dilakukan terutama saat sekarang yang mana persebaran informasi bisa dengan mudah dan sederhana di lakukan.

Namun, tidak sedikit orang dengan pengetahuan manajemen strategi yang mendalam termasuk dengan adanya pengalaman dalam hal ini akan berhasil untuk merancang strategi yang baik.

Rumelt menjelaskan tentang pentingnya untuk memiliki pikiran strategis sehingga diperlukan tiga kebiasaan yang harus dimiliki untuk bisa menjadi panduan pikiran dalam merancang strategi.

Pertama, dalam merancang pikiran perlu memiliki adanya beberapa alat dalam mengarahkan perhatian.

Kedua, sangat dibutuhkan untuk membangun kemampuan untuk mempertanyakan apa yang menjadi dasar asumsi kita yang mana asumsi yang lebih mudah dipatahkan maka hal ini bisa memastikan bahwa strategi yang kita rancang juga tidak akan mudah bertahan dalam menghadapi kompetisi.

Dan ketiga, memiliki kebiasaan untuk membuat dan menyimpan berbagai asumsi untuk bisa terus diperbaiki.

Adanya buku yang dituliskan Rumelt tentang strategi ini akan menjadi sebuah pencerahan tentang konsep strategi yang benar. Dalam buku tersebut juga diberikan beberapa contoh implementasi strategi baik dan buruk yang mana manajemen strategi yang dicontohkan bukan hanya mencakup tentang dunia perusahaan ataupun korporasi tetapi juga mencakup strategi pemerintahan.

Buku ini sangat direkomendasikan bagi para pimpinan perusahaan ataupun pemerintahan dalam menetapkan kebijakan. Tak hanya itu, buku ini juga sangat cocok untuk menjadi bahan bacaan dan wawasan bagi pengamat manajemen strategi untuk mengevaluasi pemahaman tentang strategi yang telah diterapkan selama ini.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.