Buku tentang Ekonomi Pembangunan untuk Mewujudkan Indonesia yang Mandiri

Buku tentang ekonomi pembangunan biasanya dimiliki oleh mahasiswa di fakultas ekonomi. Mereka belajar ilmu ekonomi secara keseluruhan yang di dalamnya juga membicarakan ekonomi pembangunan.

Anda yang awam di bidang ekonomi tentu akan bertanya, apa itu ekonomi pembangunan? Apa yang dipelajari di dalamnya? Apa juga manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari? Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa dijawab setelah Anda membaca uraian berikut.

Perlu Anda ketahui bahwa sebuah negara tidak bisa berdiri secara mandiri jika tidak ada bidang ekonomi kuat yang menopangnya. Ekonomi sebuah negara digerakkan oleh rakyat atau penduduknya.

Mereka itulah yang berfungsi sebagai roda penggerak untuk bisa meningkatkatkan kuantitas serta kualitas ekonomi secara komprehensif atau keseluruhan.

Dengan begitu, negara tersebut bisa berdiri sendiri dan kokoh dalam bidang ekonominya. Negara dengan bidang ekonomi yang kokoh sulit dikalahkan karena sudah memiliki modal fundamental yang penting. Namun demikian, mencapai tujuan tersebut sudah pasti sulit dan penuh tantangan serta resiko.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Pemerintah negara harus menggerakkan bidang ekonomi dengan berbagai cara. Salah satunya, yaitu menggerakkan pembangunan masyarakat agar ekonomi negara yang bersangkutan tumbuh secara bertahap. Buku tentang ekonomi pembangunan hadir untuk memberikan pembelajaran mengenai hal tersebut.

Mengapa pembangunan masyarakat perlu digalakkan?
Sudah sedikit disinggung di atas bahwa rakyat atau masyarakat yang menggerakkan ekonomi suatu negara.

Jika masyarakat bersemangat dan berusaha di bidang ekonomi, tentu perekonomian secara umum bisa meningkat. Namun jika sebaliknya, masyarakat enggan berusaha dan hanya berharap sekaligus menantikan subsidi dari pemerintah saja. Perekonomian suatu negara tidak akan tumbuh dan malahan stagnan atau jalan di tempat.

Kondisi semacam itu sangat mengkhawatirkan karena bisa berpengaruh negatif pada bidang-bidang lain kehidupan bernegara. Sementara itu, masyarakat sendiri yang menjadi korban atau merasakan dampak buruknya.

Untuk menghindari masalah tersebut, pemerintah harus berusaha semaksimal mungkin untuk memberdayakan masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Berbagai cara dilakukan agar masyarakat terangsang untuk berusaha dan berbisnis.

Dengan begitu, perputaran uang di pasaran semakin besar dan daya saing produk di dalam negeri terus meningkat. Akibat positifnya, ekonomi negara sedikit demi sedikit tumbuh karena masyarakatnya juga bersemangat untuk berusaha. Dalam kondisi seeprti itu, pemerintah harus terus mengawal dan mendampingi masyarakat. Jangan sampai kondisi dan ikklim sejuk seperti itu akan hilang kembali.

Ekonomi pembangunan menjadi cara yang ampuh dan efektif untuk meningkatkan stabilitas negara dalam arti luas. Semua bidang kehidupan masyarakat dalah sebuah negara juga akan terlindungi dan kokoh karena sudah didukung oleh bidang ekonomi yang sudah kuat duluan.

Dengan begitu, pembangunan di segala bidang juga akan ikut meningkat. Itulah yang seharusnya dilakukan oleh suatu negara agar bisa hidup mandiri dan tanpa ketergantungan dengan negara lain yang sewaktu-waktu bisa meminjamkan modal.

Indonesia sebagai negara besar di kawasan Asia Tenggara juga bisa menjadi lebih besar dan kerkembang di segala bidang kehidupan. Asalkan pemerintahnya mampu meningkatkan sekaligus menumbuhkan bidang ekonomi yang bisa dijadikan fundamental atau dasar untuk melaksanakan pembangunan di semua bidang.

Langkah pertama yang bisa dilakukan, yaitu membangun ekonomi masyarakat keseluruhan. Mulai dari tingkat yang terbawah, seperti individu atau keluarga hingga ke tingkat yang paling atas, yaitu negara itu sendiri. Semua bekerja sama untuk bisa mewujudkan tujuan tersebut. Jika berhasil, Indonesia bisa semakin kokoh bidang ekonominya.

Untuk bisa memahami lebih detail tentang pembangunan ekonomi masyarakat yang komprehensif, silakan belajar lebih giat lagi.

Jangan lupa untuk membaca buku tentang ekonomi pembangunan yang berisi seluk beluk, cara, tips, dan trik dari pembangunan ekonomi yang perlu dilakukan oleh suatu negara, dalam hal ini Indonesia. Buku tersebut ditulis oleh seseorang yang kompeten dan berpengalam di bidangnya.

Dengan begitu, dia bisa menguraikan berbagai teori ekonomi pembangunan dan membagikannya kepada masyarakat luas. Tujuannya agar banyak orang semakin memahami tentang bidang ini. Selanjutnya, tiap orang akan bekerja sama untuk mewujudkan tujuan meningkatkan bidang ekonomi pembangunan di Indonesia.

Tiap orang bisa ikut aktif berperan serta dalam pembangunan ekonomi
Bukan hanya tokoh elite, dosen, ahli, dan mahasiswa saja. Namun, setiap warga negara Indonesia bisa berperan aktif dalam mewujudkan kemandirian ekonomi di Nusantara. Tentu saja dengan cara-cara yang direkomendasikan dan bisa dilakukan oleh banyak orang.

Misalnya, menumbuhkan jiwa wirausaha agar bisa menjalankan bisnis atau usaha yang prospektif. Semakin banyak wirausaha atau pebisnis di Indonesia, maka kemandirian ekonomi semakin dekat dan dapat diraih. Pembangunan ekonomi di Indonesia juga semakin tumbuh subur karena angka pengangguran semakin kecil.

Kita semua bisa melakukannya. Dimulai dari pembelajaran dengan membaca buku tentang ekonomi pembangunan. Lalu, dilanjutkan dengan kegiatan nyata yang bisa dilakukan setiap orang dalam rangka membangun bidang ekonomi di Indonesia yang lebih baik di masa depan.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.