Buku tentang Ekonomi Pembangunan untuk Mewujudkan Indonesia yang Mandiri

Buku tentang ekonomi pembangunan biasanya dimiliki oleh mahasiswa di fakultas ekonomi. Mereka belajar ilmu ekonomi secara keseluruhan yang di dalamnya juga membicarakan ekonomi pembangunan.

Anda yang awam di bidang ekonomi tentu akan bertanya, apa itu ekonomi pembangunan? Apa yang dipelajari di dalamnya? Apa juga manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari? Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa dijawab setelah Anda membaca uraian berikut.

Perlu Anda ketahui bahwa sebuah negara tidak bisa berdiri secara mandiri jika tidak ada bidang ekonomi kuat yang menopangnya. Ekonomi sebuah negara digerakkan oleh rakyat atau penduduknya.

Mereka itulah yang berfungsi sebagai roda penggerak untuk bisa meningkatkatkan kuantitas serta kualitas ekonomi secara komprehensif atau keseluruhan.

Dengan begitu, negara tersebut bisa berdiri sendiri dan kokoh dalam bidang ekonominya. Negara dengan bidang ekonomi yang kokoh sulit dikalahkan karena sudah memiliki modal fundamental yang penting. Namun demikian, mencapai tujuan tersebut sudah pasti sulit dan penuh tantangan serta resiko.

Pemerintah negara harus menggerakkan bidang ekonomi dengan berbagai cara. Salah satunya, yaitu menggerakkan pembangunan masyarakat agar ekonomi negara yang bersangkutan tumbuh secara bertahap. Buku tentang ekonomi pembangunan hadir untuk memberikan pembelajaran mengenai hal tersebut.

Mengapa pembangunan masyarakat perlu digalakkan?
Sudah sedikit disinggung di atas bahwa rakyat atau masyarakat yang menggerakkan ekonomi suatu negara.

Jika masyarakat bersemangat dan berusaha di bidang ekonomi, tentu perekonomian secara umum bisa meningkat. Namun jika sebaliknya, masyarakat enggan berusaha dan hanya berharap sekaligus menantikan subsidi dari pemerintah saja. Perekonomian suatu negara tidak akan tumbuh dan malahan stagnan atau jalan di tempat.

Kondisi semacam itu sangat mengkhawatirkan karena bisa berpengaruh negatif pada bidang-bidang lain kehidupan bernegara. Sementara itu, masyarakat sendiri yang menjadi korban atau merasakan dampak buruknya.

Untuk menghindari masalah tersebut, pemerintah harus berusaha semaksimal mungkin untuk memberdayakan masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Berbagai cara dilakukan agar masyarakat terangsang untuk berusaha dan berbisnis.

Dengan begitu, perputaran uang di pasaran semakin besar dan daya saing produk di dalam negeri terus meningkat. Akibat positifnya, ekonomi negara sedikit demi sedikit tumbuh karena masyarakatnya juga bersemangat untuk berusaha. Dalam kondisi seeprti itu, pemerintah harus terus mengawal dan mendampingi masyarakat. Jangan sampai kondisi dan ikklim sejuk seperti itu akan hilang kembali.

Ekonomi pembangunan menjadi cara yang ampuh dan efektif untuk meningkatkan stabilitas negara dalam arti luas. Semua bidang kehidupan masyarakat dalah