Keuangan Pribadi

Cara Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi

Keuangan Pribadi

Bagaimana cara mengelola keuangan pribadi? Bagaimana mengefisienkan pemasukan dengan pengeluaran? Pertanyaan – pertanyaan semacam itu memang jamak ditanyakan oleh masyarakat, terutama yang merasa bingung mengapa neraca keuangan mereka tidak pernah menunjukkan peningkatan.

Harus diakui bahwa peningkatan biaya hidup semakin tidak bisa dibendung. Jika Anda tidak cerdas dalam mengatur keuangan maka bukan untung yang diraih tapi bisa – bisa utang Anda yang akan semakin menumpuk.

Jika tidak ingin terus terbenam, maka berikut 10 cara cerdas mengelola keuangan pribadi berikut:

1. Tetapkan Tujuan Keuangan

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Untuk beberapa orang, tidak ada hal yang lebih menarik dibanding menyisihkan sebagian uang yang mereka dapatkan untuk membeli rumah mewah atau rumah sederhana dengan beberapa kamar tidur serta pagar kayu berwarna putih. Mimpi lain adalah untuk bisa melanglang buana ke berbagai penjuru dunia.

Memang benar bahwa jika mempunyai tujuan yang pasti, maka pengaturan keuangan akan menjadi jauh lebih mudah dilakukan. Hal tersebut juga akan memberikan motivasi untuk bisa menghasilkan dan mengumpulkan lebih banyak uang.

2. Buat Rencana Pengeluaran Pribadi

Banyak orang menghabiskan sekitar 2/3 dari uang yang mereka hasilkan pada tiga hal penting, yaitu makanan, rumah dan transportasi. Ada pula pembayaran utang, untuk tabungan, membiayai rumah tangga dan membeli barang – barang opsional misalnya saja hiburan.

Disarankan agar Anda membuat sebuah perencanaan anggaran tahunan dengan mengalokasikan berbagai tujuan belanja berdasar atas pembagian pos masing – masing.

3. Tahan Diri Terhadap Godaan Tawaran Penjualan

Toko, baik online maupun offline memang sengaja dibuat untuk menggoda dan menguras habis kantong. Berbagai tawaran promosi seperti diskon dan hadiah merupakan beberapa teknik yang lazim digunakan oleh penjual untuk menarik minat konsumen.

Akan tetapi, jika kita mengetahui trik yang mereka gunakan, maka kita akan bisa menahan berbagai godaan tersebut. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah segera mengatakan “tidak” untuk semua tawaran tersebut.

4. Lacak Pengeluaran Pribadi

Melakukan pelacakan untuk setiap pengeluaran selama dua minggu ke belakang akan dapat menyaring pengeluaran yang tidak perlu, seperti makanan restoran dan biaya taksi.

5. Mencari Produk Serupa dengan Harga Lebih Murah

Perlu diketahuia bahwa penetapan harga sebuah produk di sebuah toko bisa membuat harga produk tersebut menjadi jauh lebih mahal dari harga awalnya. Jadi, ketika kita hendak membeli suatu produk, maka tidak ada salahnya melihat harga tercantum di tempat lain yang mungkin jauh lebih murah dan jangan pernah ragu untuk pindah ke toko lain.

6. Lakukan Riset Online

Ada banyak sekali website yang memuat review produk, ada pula website yang menyediakan diskon online yang dapat kita akses dan tidak jarang memberikan informasi lengkap tentang bagaimana dan lokasi untuk menemukan penawaran terbaik. Kita dapat memanfaatkan keberadaan website semacam itu untuk membantu menghemat pengeluaran dan anggaran belanja.

7. Cari Pendapatan Dari Tempat Lain

Dengan memiliki sumber penghasilan kedua, maka kita akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan, yakni jumlahnya mungkin cukup untuk membantu membiayai operasional di dalam keluarga atau membiayai kebutuhan kita sehari – hari. Hal itu juga berarti bahwa uang yang kita dapatkan dari bekerja sebagai karyawan akan bisa digunakan sebagai simpanan atau untuk berinvestasi.

Ada banyak sekali ide yang dapat dicoba, misalnya saja membuka sebuah gerai aksesoris smartphone, membuka toko online fashion dan lain sebagainya. Pada intinya, setiap ide harus dicoba untuk direalisasikan.

8. Mulai Bisnis Sendiri

Seperti halnya yang terjadi di Amerika, resesi keuangan dunia mengilhami banyak orang di negara tersebut untuk berwirausaha sebagai solusi untuk mengambil kembali kendali atas kehidupan keuangan pribadi mereka.

Bahkan banyak dari mereka yang hanya membuka usaha berskala relatif kecil, seperti membuat dan mengoperasikan blog yang bisa menghasilkan uang melalui iklan atau hanya berkebun yang menghasilkan bunga. Hal tersebut terbukti efektif untuk bisa membantu mereka untuk bertahan hidup dan membiayai segala kebutuhan.

9. Negosiasikan Gaji

Banyak karyawan yang merasa bahwa mereka beruntung bisa memiliki pekerjaan dalam kondisi perekonomian seperti saat ini. Akan tetapi, kadang meminta kenaikan gaji juga dapat menjadi satu langkah yang lebih cerdas.

Apabila Anda baru saja berganti pekerjaan, menerima promosi atau sadar bahwa gaji yang Anda terima terlalu rendah dibandingkan dengan rekan – rekan yang lain, maka mungkin ini saatnya untuk berbicara dengan atasan dan meminta kenaikan gaji. Dengan gaji yang lebih tinggi tentunya Anda akan lebih mudah mengatur keuangan pribadi Anda.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.