Cara Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi

Keuangan Pribadi

Bagaimana cara mengelola keuangan pribadi? Bagaimana mengefisienkan pemasukan dengan pengeluaran? Pertanyaan – pertanyaan semacam itu memang jamak ditanyakan oleh masyarakat, terutama yang merasa bingung mengapa neraca keuangan mereka tidak pernah menunjukkan peningkatan.

Harus diakui bahwa peningkatan biaya hidup semakin tidak bisa dibendung. Jika Anda tidak cerdas dalam mengatur keuangan maka bukan untung yang diraih tapi bisa – bisa utang Anda yang akan semakin menumpuk.

Jika tidak ingin terus terbenam, maka berikut 10 cara cerdas mengelola keuangan pribadi berikut:

1. Tetapkan Tujuan Keuangan

Untuk beberapa orang, tidak ada hal yang lebih menarik dibanding menyisihkan sebagian uang yang mereka dapatkan untuk membeli rumah mewah atau rumah sederhana dengan beberapa kamar tidur serta pagar kayu berwarna putih. Mimpi lain adalah untuk bisa melanglang buana ke berbagai penjuru dunia.

Memang benar bahwa jika mempunyai tujuan yang pasti, maka pengaturan keuangan akan menjadi jauh lebih mudah dilakukan. Hal tersebut juga akan memberikan motivasi untuk bisa menghasilkan dan mengumpulkan lebih banyak uang.

2. Buat Rencana Pengeluaran Pribadi

Banyak orang menghabiskan sekitar 2/3 dari uang yang mereka hasilkan pada tiga hal penting, yaitu makanan, rumah dan transportasi. Ada pula pembayaran utang, untuk tabungan, membiayai rumah tangga dan membeli barang – barang opsional misalnya saja hiburan.

Disarankan agar Anda membuat sebuah perencanaan anggaran tahunan dengan mengalokasikan berbagai tujuan belanja berdasar atas pembagian pos masing – masing.

3. Tahan Diri Terhadap Godaan Tawaran Penjualan

Toko, baik online maupun offline memang sengaja dibuat untuk menggoda dan menguras habis kantong. Berbagai tawaran promosi seperti diskon dan hadiah merupakan beberapa teknik yang lazim digunakan oleh penjual untuk menarik minat konsumen.

Akan tetapi, jika kita mengetahui trik yang mereka gunakan, maka kita akan bisa menahan berbagai godaan tersebut. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah segera mengatakan “tidak” untuk semua tawaran tersebut.

4. Lacak Pengeluaran Pribadi

Melakukan pelacakan untuk setiap pengeluaran selama dua minggu ke belakang akan dapat menyaring pengeluaran yang tidak perlu, seperti makanan restoran dan biaya taksi.

5. Mencari Produk Serupa dengan Harga Lebih Murah

Perlu diketahuia bahwa penetapan harga sebuah produk di sebuah toko bisa membuat harga produk te