Loyalitas Konsumen

Cara Jitu Menjaga Loyalitas Konsumen

Loyalitas Konsumen

Tidak peduli sebesar apapun skala usaha yang dijalankan, kepuasan dan loyalitas konsumen atau pelanggan, merupakan salah satu asset yang paling penting yang harus selalu dipertahankan.

Meski mungkin merupakan hal yang terdengar klise, namun bagaimanapun juga konsumen atau pelanggan adalah kunci utama seorang pemilik usaha untuk terus meraup keuntungan yang diharapkan.

Puas dan tidaknya konsumen yang membeli produk yang kita tawarkan, tentunya akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan usaha kita. Ketika konsumen merasa puas dari produk yang kita jual, maka bisa dipastikan bahwa mereka akan melakukan pembelian kembali di masa mendatang.

Begitu pun sebaliknya, apabila konsumen merasa dikecewakan, baik dengan pelayanan maupun produk yang kita tawarkan, tidak menutup kemungkinan mereka akan kapok untuk membeli dari kita dan pindah ke tempat lain.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Oleh sebab itu, agar loyalitas konsumen tetap terjaga dan tidak berpaling ke tempat lain, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan. Berikut informasi selengkapnya:

  • Berikan perhatian kepada konsumen baik sebelim maupun setelah melakukan pembelian

Sebagian besar pelaku usaha hanya memfokuskan diri terhadap penawaran yang akan mereka berikan, tanpa memperhatikan apa yang sejatinya menjadi keinginan konsumen. Kesalahan seperti inilah yang sering membuat konsumen menolak secara langsung kehadiran para sales, sebab mereka beranggapan bahwa para sales atau tenaga marketing hanya akan berpromosi.

Oleh sebab itu, untuk menciptakan kepuasan konsumen, kita hendaknya memberikan perhatian khusus kepada konsumen baik sebelum maupun pasca pembelian. Sebagai contoh dengan membagikan katalog menarik, memberikan garansi khusus atau memberikan layanan penukaran pada produk kita pasarkan.

  • Ciptakan hubungan saling menguntungkan

Di dalam memasarkan produk, tidak jarang para pelaku pasar atau pedagang lebih mendominasi komunikasi dengan konsumen. Mereka memposisikan atau menganggap konsumen sebagai pendengar dan pemasar sebagai narasumber utama.

Strategi marketing semacam ini sudah sangat kuno dan sudah tidak sesuai dengan kondisi pasar saat ini, sebab konsumen masa kini sudah mulai cerdas dan mereka dapat menentukan produk – produk unggulan yang bisa memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Oleh karena itu, pastikan hubungan yang terbangun antara kita sebagai pelaku usaha dengan konsumen bisa seimbang dan saling menguntungkan.

  • Melakukan follow up pasca penjualan

Untuk dapat mempertahankan loyalitas konsumen, tidak ada salahnya jika kita mencatat semua yang membeli produk yang kita jual dan mencoba untuk melakukan follow up ulang setelah mereka pembelian pertama.

Meski teknik ini terbilang sepele, namun hingga saat ini belum banyak pelaku usaha yang melakukannya karena belum menyadari pentingnya melakukan follow up konsumen. Banyak pelaku pasar yang masih kurang peduli dengan potensi yang sudah hadir di depan mata dan cenderung mencari konsumen baru.

Padahal, dengan melakukan follow up terhadap konsumen yang pernah membeli produk kita, maka kita tidak perlu lagi menggunakan strategi marketing yang terlampau rumit mengingat mereka sudah mengetahui dengan pasti bagaimana kualitas produk yang kita jual.

  • Menawarkan program – program yang menarik

Seperti halnya yang dilakukan pusat – pusat perbelanjaan yang ada di kota – kota besar, kita bisa mencoba untuk memberikan suatu program khusus, misalnya kartu keanggotaan.

Dengan meluncurkan program semacam itu, maka loyalitas konsumen akan bisa kita pertahankan karena adanya keterikatan secara tidak langsung antara kita sebagai pemilik usaha dengan para konsumen pemegang kartu.

Namun, untuk dapat menarik minat konsumen agar bersedia membuat kartu member, kita hendaknya memberikan embel – embel promo spesial bagi siapapun yang menjadi member.

  • Beri tawaran keuntungan atau pelayanan spesial bagi pelanggan setia

Kita bisa menjalin kerjasama dengan konsumen agar tercipta sebuah keterikatan. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan menawarkan peluang usaha yang cukup menjanjikan kepada mereka dengan membantu mempromosikan atau menjual produk yang kita miliki.

Program semacam itu biasanya disebut dengan program reseller. Program semacam itu telah banyak dipraktekkan oleh perusahaan – perusahaan berskala menengah hingga besar dan terbukti sangat efektif menjaga loyalitas konsumen karena selain bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau, mereka juga akan dapat meraup keuntungan dan penghasilan tambahan.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.