Merencanakan Keuangan Personal

Cara Merencanakan Keuangan Personal

Merencanakan keuangan personal perlu diatur secara matang dan terprogram. Jika keuangan Anda tidak diatur sejak awal mungkin maka yang akan terjadi adalah masa suram disaat Anda tua nanti. Disaat Anda masih aktif dalam bekerja maka carilah pemasukan sebanyak-banyaknya, menabung dan lakukan investasi demi masa depan yang mapan dan bahagia.

Saat ini banyak anak muda yang lupa bahwa masa bekerja sebenarnya tampak sangat singkat. Yang dilakukan justru menghabiskan uang tanpa batas. Seakan-akan semua bisa didapatkan kembali dengan mudah, kesehatan adalah contohnya.

Melakukan gaya hidup modern sebenarnya adalah sebuah hal yang sah selama Anda sudah mapan secara financial. Namun jika Anda saja belum bekerja matang dan masih mengandalkan orang tua kenapa harus berfoya-foya? Tidak ada yang tahu seberapa lama hidup tersebut bisa Anda nikmati karena semuanya bisa saja mendadak berubah.

Merencanakan keuangan personal sangat bermanfaat untuk diri Anda sendiri. Nantinya disaat Anda sudah bekerja dan mapan serta berkeluarga jika sudah terbiasa merencanakan keuangan maka semuanya akan bisa berjalan dengan lebih baik. Jangan sampai Anda kaget lalu disaat sudah tidak hidup sendiri keuangan malah berantakan.

Tanamkan dalam diri Anda untuk selalu melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Setidaknya untuk diri Anda sendiri. Terlebih bagi kaum pria yang nantinya akan menjadi tulang punggung dan kepala keluarga setelah menikah.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Hal itu terlihat sederhana namun jika tidak dipersiapkan dengan matang maka semuanya bisa menjadi masalah yang cukup besar. Merencanakan keuangan personal tidak perlu harus muluk-muluk. Pada dasarnya semua bermula dari menabung dan management yang baik.

Berikut adalah beberapa cara yang sangat mudah dan bisa Anda lakukan dalam tahapan merencanakan keuangan personal demi masa depan yang indah.

  • Buatlah tujuan awal disaat Anda merencanakan keuangan. Bangunlah mimpi indah yang luar biasa dan tentunya membutuhkan banyak uang. Misalnya saja membeli rumah dengan halaman seluas 1 hektar yang penuh dengan tanaman buah-buahan favorite Anda. Atau bisa juga membeli mobil dengan kecepatan 200 tenaga kuda sekali jalan.
  • Buatlah rencana pengeluaran setiap bulannya. Tanpa direncana maka Anda akan menjadi pribadi yang sangat boros. Ada rencana berarti Anda mempersiapkan alokasi khusus untuk masing-masing pos misalnya pos makan sebulan, pos biaya sekolah anak atau pos biaya parkir saat bekerja.
  • Rem hasrat belanja dari godaan diskon atau sale. Rata-rata pertahanan runtuh terutama untuk wanita disaat mereka melihat embel-embel diskon dan sale di mall. Ingatlah untuk menghindari mengeluarkan uang hanya karena keinginan semata. Keluarkan uang untuk kebutuhan saja.
  • Ganti kebutuhan dengan produk yang sama namun dengan harga yang lebih murah. Misalnya saja cokelat pilih yang berkualitas dengan harga murah misalnya dari brand local. Atau detergen pencuci pakaian yang sedang promo namun kualitasnya tetap baik dan digunakan mencuci tetap bersih.
  • Usahalah untuk mencari pendapatan diluar gaji pokok Anda. Kebutuhan akan terus ada dan Anda harus terlatih untuk menjadi pribadi yang mandiri dengan tidak mengandalkan orang lain untuk menopang kebutuhan hidup. Carilah usaha sampingan seperti berjualan online untuk memberi income tambahan.
  • Sebelum belanja lakukan perbandingan harga. Banyak sekali toko yang menjual harga yang mahal untuk barang yang sama. Boleh dengan cara hunting secara online karena saat ini di Indonesia ada banyak sekali toko online yang recommended dan harganya masuk di akal.
  • Anda boleh berhutang jika tujuannya untuk menambah asset misalnya membeli property atau menambah tabungan dalam bentuk emas batangan. Dengan begitu disaat hutang lunas Anda tetap bisa memiliki investasi yang berharga. Hindari hutang untuk kebutuhan konsumsi semata.

Merencanakan keuangan personal sangatlah sederhana namun banyak godaan yang kerap kali membuat pertahanan Anda menjadi terganggu. Oleh karena itu tetapkan tujuan dan target kesuksesan sejak Anda memulai hidup mandiri.

Hidup butuh perencanaan yang matang dengan strategi dan managemen yang baik agar bisa sukses dan bahagia hingga tua. Semakin Anda sukses maka perencanaan keuangan tetap harus berjalan semakin baik.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.