Cara Mudah Mengatur Keuangan dengan Income yang Terbatas

Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan membutuhkan keahlian khusus. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang belum memiliki kemampuan mengatur income dengan baik. Hal ini sering menyebabkan banyak masalah keuangan yang cukup pelik.

Mengelola keuangan membutuhkan strategi yang juga akan berkaitan dengan masalah kedisiplinan. Jangan sampai Anda lalai dalam mengelola keuangan sehingga justru menjerumuskan diri ke dalam dunia gelap seperti hutang.

Jika selama ini keuangan Anda sudah berantakan maka sekarang juga saatnya untuk mengembalikan kondisinya menjadi lebih baik. Besar kecilnya income yang Anda dapatkan tidak menjadi halangan untuk bisa membuat Anda mengatur keuangan dengan cerdas dan cerdik.

Banyak yang memiliki gaji kecil namun bisa hidup berkecukupan dan mapan dan ada yang gajinya cukup besar namun selalu merasa kekurangan. Jangan pernah lalai dalam masalah keuangan demi masa depan yang cerah dan terjamin.

Gaji, income atau pendapatan yang Anda miliki setiap bulan hendaknya dikelola dengan baik. Dalam mengatur keuangan dibutuhkan banyak hal salah satunya masalah disiplin. Hal ini cukup sulit diterapkan apalagi saat ini dunia belanja seperti semakin menggiurkan.

Sejatinya kebiasaan kecil jika terus dipupuk maka akan menjadi sebuah gaya hidup yang baik. Hal ini seperti menabung yang jika tidak dibiasakan dari kecil maka tentu saja akan menjadi hal yang sulit ketika dewasa baru akan dilakukan. Menabung adalah salah satu cara untuk mendisiplinkan diri dan cara mengelola keuangan yang paling simple.

Beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan dalam tahapan mengatur keuangan adalah seperti di bawah ini. Pada awalnya mungkin Anda harus berusaha keras memaksa diri untuk bisa disiplin namun lama kelamaan jika sudah terbiasa maka semuanya akan berjalan begitu saja tanpa paksaan.

  • Buat skala prioritas

Jangan pernah menunda untuk membuat skala prioritas dalam hidup Anda. Setiap bulan buatlah skala prioritas lalu nantinya Anda juga bisa membuatnya untuk kurun waktu tertentu seperti 1 tahun. Prioritaskan hal yang sudah rutin harus Anda bayar setiap bulannya seperti rekening listrik dan air.

Kemudian juga masukkan list yang tidak bisa ditunda seperti uang sekolah anak, gaji asisten rumah tangga, bayar TV kabel yang mana setiap bulan sudah pasti harus dibayar dengan jumlah yang sama. Jangan lupa prioritaskan juga untuk membayar atau mencicil hutang jika Ada.

  • Atur pengeluaran

Yang banyak terjadi saat ini adalah anak muda cenderung tergiur dengan promosi kartu kredit. Sebesar apapun promosi tersebut itu hanya akan menjadi hutang bagi Anda yang pelunasannya bahkan bisa menjadi bertahun-tahun. Sebisa mungkin hindari hutang dan selalu belanja atau membayar apapun dengan cara cash.

  • Menabung

Selalu sisihkan uang diawal setelah gajian untuk ditabung. Jangan menunggu uang sisa di akhir bulan karena walaupun mungkin namun itu akan menjadi hal yang cukup sulit. Idealnya Anda sebaiknya menabung sebanyak 30% dari total income yang Anda miliki.

  • Buat Laporan Keuangan Pribadi

Bawa selalu note kecil di tas Anda untuk mencatat apa saja pengeluaran yang Anda keluarkan setiap hari. Sekecil apapun itu seperti beli sabun, makanan, snack dan susu bayi semuanya harus tercacat. Hal ini akan bermanfaat untuk melihat sebesar apa pengeluaran Anda setiap bulannya.

  • Investasi

Untuk bisa bertahan di jaman sekarang yang sudah terasa semakin sulit maka investasi harus menjadi sebuah hal mutlak yang Anda wajib miliki. Anda bisa memilih investasi dalam bentuk emas atau logam mulia, tanah dan bangunan atau surat berharga. Mulailah dengan investasi yang kecil baru kemudian bertambah semakin besar.

Beberapa hal diatas pasti sudah sangat familiar untuk Anda. Dengan begitu Anda pasti akan mendapatkan keuangan yang sangat teratur dengan baik. Nantinya setiap bulan atau tahun Anda perlu melihat apakah ada kemajuan dalam hidup Anda dari segi financial atau malah mengalami kemunduran.

Mengatur keuangan adalah salah satu cara untuk membuat hidup menjadi lebih baik dan terarah. Jangan sampai Anda merasa nyaman dengan kondisi saat ini lalu melupakan begitu saja untuk mempersiapkan masa depan dan masa tua.

Download FREE Ebook and Slides

Dapatkan 5 Buku Dahsyat tentang LIFE SKILLS dan FINANCIAL FREEDOM secara GRATIS!