Cara Perencanaan Keuangan Personal

Perencanaan Keuangan

Memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk diri pribadi adalah hal yang sangat penting. Menjadi seorang yang sukses dan mapan secara financial tidak melulu berkaitan dengan income dengan jumlah yang besar atau fantastis. Nyatanya, banyak manusia yang tidak memiliki tabungan atau investasi padahal gaji atau pendapatannya sudah sangat banyak.

Hidup harus memiliki perencanaan yang matang sekalipun mungkin Anda masih single. Hal ini akan sangat berdampak pada kehidupan Anda setelah berumah tangga kelak. Disaat tanggung jawab sudah semakin besar maka seharusnya kapasitas kematangan diri Anda juga akan semakin bertambah baik.

Perencanaan keuangan harus dimulai dan dilatih sedini mungkin. Bahkan sebaiknya sejak Anda berada di bangku sekolah. Namun kenyataannya tidak semua orang tua memiliki pemahanan yang baik mengenai hal tersebut yang akhirnya berdampak secara langsung pada kehidupan anaknya di masa dewasa.

Bukan sebuah hal yang aneh jika menabung atau merencanakan pengaturan keuangan adalah hal yang berhubungan dengan kebiasaan. Bisa Anda bandingkan orang tua yang mengajarkan kepada anaknya untuk kebiasaan baik ini dan yang tidak. Masing-masing akan memiliki pola keuangan yang berbeda nantinya.

Untuk itu, disini akan disiapkan beberapa tips untuk membantu Anda dalam merencanakan keuangan pribadi Anda. Tips berikut ini sangat baik jika bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika selama ini perencanaan keuangan Anda sudah sangat buruk maka tidak ada salahnya saat ini untuk segera memperbaikinya.

  • Tentukan tujuan keuangan Anda

Tetapkan beberapa tujuan penting sebagai target besar dalam hidup Anda seperti misalnya memiliki rumah besar dengan kolam renang, memiliki emas 2 kilogram, atau memiliki mobil mewah dengan harga milyaran rupiah. Dengan adanya tujuan maka Anda akan terus konsisten untuk bekerja keras dan mengerem hal duniawi yang tidak penting.

  • Buatlah Rencana Anggaran Keuangan

Anggaran keuangan sangatlah penting sehingga gaji atau income yang Anda dapatkan setiap bulannya tidak lantas selalu habis begitu saja. Buat pos-pos untuk bulanan, tahunan sehingga Anda tidak akan mengeluarkan uang untuk tujuan lain selain yang sudah ada di anggaran Anda.

  • Rem Hasrat Belanja Anda

Berjalan-jalan di akhir pekan untuk membuang rasa stress dan penat sangatlah baik hanya saja tidak lantas membuat Anda menghabiskan uang untuk belanja. Hasrat belanja selalu saja datang dan menjadi godaan yanhg cukup besar. Jangan ragu untuk mengatakan tidak atas tawaran yang memang tidak Anda butuhkan sekalipun cukup menggoda.

  • Cari Tambahan Income dari Sumber Lain

Mencari pemasukan untuk menambah income Anda adalah hal yang positif. Hal ini membuktikan bahwa ternyata Anda tidak sekedar puas dengan pendapatan yang selama ini sudah dimiliki. Anda bisa berdagang, menjadi freelancer marketing, atau membuka toko online.

  • Hunting Online & Offline Sebelum Belanja

Dalam hidup Anda pasti ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun ada baiknya jika Anda mencari barang yang lebih murah untuk kualitas dan spesifikasi yang sama dengan yang Anda butuhkan. Jangan lupa hunting untuk memastikan bahwa Anda akan membeli di tempat yang jauh lebih murah.

  • Buat Perhitungan Cashflow

Catat semua pemasukan dan pengeluaran setiap bulan yang Anda miliki. Dimulai dari pendapatan untuk semua sumber yang ada lalu masukkan juga pengeluaran secara detail baik yang dibayar tunai maupun dengan kartu kredit. Ada 3 jenis pengeluaran yang harus Anda list yaitu pengeluaran rutin tetap, pengeluaran rutin tidak tetap dan pengeluaran tidak rutin.

Perencanaan keuangan tidaklah sulit namun Anda harus bisa menjadi seseorang yang disiplin. Jangan jadikan income yang kurang besar atau hutang yang banyak menjadi alasan kenapa keuangan Anda menjadi kacau. Seharusnya Anda bisa tetap konsisten terutama jika sudah bekerja untuk memperbaiki kekacauan keuangan yang sudah terjadi.

Perencanaan keuangan pribadi jika dijalankan secara sungguh-sungguh akan menjadi pondasi yang cukup kuat untuk kehidupan Anda di masa mendatang. Hal ini juga akan membuat Anda menghargai yang namanya uang karena tidak bisa menggunakannya dengan sesuka hati tanpa perhitungan yang matang. Selamat mencoba & semoga kesuksesan selalu menyertai Anda.

Download FREE Ebook and Slides

Dapatkan 5 Buku Dahsyat tentang LIFE SKILLS dan FINANCIAL FREEDOM secara GRATIS!