Hooked karya Nir Eyal

“Hooked by Nir Eyal”; Menghasilkan Produk Yang Merubah Kebiasaan

Hooked karya Nir Eyal

Buku startup business berjudul Hooked karya Nir Eyal adalah jawaban atas segala kegalauan para pengusaha pemula. Apakah Anda merasa bahwa social media seperti facebook telah membentuk dan merubah kebiasaan Anda? Apakah Anda menjadi lebih ingin tahu apa yang dilakukan teman Anda setiap saat atau Anda menjadi lebih sering memberitahukan kepada dunia apa yang sedang Anda pikirkan?

Jika demikian, bisa dikatakan bahwa facebook telah berhasil membuat Anda ketagihan dan secara tidak langsung membentuk kebiasaan Anda. Tidak hanya facebook, banyak jejaring sosial lain seperti Instagram, twitter, pinterest, path, dan yang lainnya yang juga telah berhasil membentuk kebiasaan Anda dan jutaan pengguna lain.

Seorang penulis untuk Tech Crunch, Forbes, dan Psychology Today, bernama Nir Eyal juga seorang pembicara di beberapa konferensi industri dan perusahaan Fortune 500, melakukan penelitian mengenai kebiasaan tersebut dan menuliskannya dalam sebuah buku berjudul “Hooked: How to build habit-forming products”.

Hooked karya Nir Eyal menjelaskan adanya 4 fase perusahaan yang membentuk kebiasaan konsumen, yaitu trigger, action, variable reward dan investment.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Trigger atau pemicu adalah dasar bagi perubahan perilaku. Tahap ini menjadi tahap yang utama dalam membentuk kebiasaan konsumen. Seringkali trigger ini berbentuk nyata, misalnya agar seseorang memiliki kebiasaan untuk bangun pagi, ia menyetel alarm setiap pagi sehingga kemudian alam bawah sadarnya akan bisa membangunkan dirinya setiap pagi.

Hooked karya Nir Eyal menyamakannya dengan notifikasi pada smartphone yang ketika ada bunyi, yang dilakukan adalah langsung atau segera mengecek notifikasi tersebut. Itu hanya merupakan awal karena pada akhirnya setiap bangun tidur, yang akan pertama kali dilihat oleh orang – orang sesaat setelah bangun tidur adalah smartphone, hal yang menunjukkan bahwa mereka sudah ketagihan.

Menurut Hooked karya Nir Eyal, pemicu bisa didapat dari internal maupun eksternal. Trigger eksternal membutuhkan sesuatu yang dapat merangsang, misalnya bunyi notifikasi. Namun sebaliknya, trigger internal tidak membutuhkan itu karena alam bawah sadarlah yang menginginkan itu.

Sebagai contoh, ketika Anda sedang bosan, tanpa sadar Anda akan membuka akun facebook Anda, hanya sekedar melihat timeline Anda karena mungkin ada teman Anda yang juga sedang merasakan hal yang sama dan bisa Anda ajak chatting. Contoh lain, ketika Anda menyaksikan pemandangan yang indah, maka seketika Anda membuka akun instagram Anda untuk kemudian mengupload foto tersebut.

Pada tahap action atau tindakan, Hooked karya Nir Eyal menjelaskan bahwa setelah adanya pemicu, konsumen akan melakukan tindakan. Apabila konsumen tidak melakukan tindakan setelah adanya trigger atau dipicu, maka artinya berarti pemicu tersebut sia – sia. Untuk dapat melakukan tindakan, maka tindakan tersebut harus lebih mudah dari berpikir.

Apabila untuk melakukan tindakan dibutuhkan terlalu banyak usaha, besar kemungkinan tindakan tersebut tidak akan dilakukan. Tindakan atau aksi dipicu oleh adanya motivasi dan kemampuan, itu berarti pemicu atau trigger harus bisa menumbuhkan motivasi dan kemampuan agar tindakan bisa dilakukan.

Dalam tahapan variable reward atau hadiah atau penghargaan, hadiah merupakan hasil dari tindakan yang dilakukan. Nir Eyal menyarankan agar hadiah ini haruslah sebuah variabel, yakni sesuatu yang dapat membangun elemen kejutan bagi yang mendapatkannya. Hadiah yang bervariabel inilah yang kemudian akan membuat pengguna datang lagi dan lagi.

Nir menjelaskan ada 3 variable reward, yaitu reward of tribe, reward of hunt, dan reward of self. Pada reward of tribe, adanya koneksi dengan orang lain dan merasa diterima dan merasa penting sudah cukup untuk membuat pengguna datang lagi, contohnya saja para pengguna facebook. Reward of hunt yang sejatinya sudah ada sejak zaman dahulu, barang buruan yang dikejar adalah informasi, sehingga kegiatan berburu informasi.

Ketika pengguna berhasil mendapatkan informasi makan mereka akan datang kembali, contohnya pada google. Reward of self lebih bersifat individualis, misalnya seseorang yang bermain game, saat dia menang maka dia akan mendapatkan hadiah dan ketika kalah ia tidak akan mendapatkan apa-apa.

Pada tahap investment atau investasi, yang merupakan langkah terakhir dalam model hooked ini, pengguna mulai menginvestasi waktu atau uang ke dalam sebuah produk. Jika pengguna melakukan hal tersebut maka bisa dikatakan bahwa pengguna sudah mulai tertarik. Setelah mereka melalui siklus ini berulang – ulang, bisa dipastikan bahwa mereka telah benar – benar tertarik atau ketagihan untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan tersebut.

Bagi Anda yang bekerja atau yang ingin memulai suatu pekerjaan, terutama sebagai manajer produk, marketing, desainer, startup founder atau mungkin Anda hanya orang yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang hal – hal yang mengendalikan sikap dan perilaku, maka Anda perlu membaca buku Hooked karya Nir Eyal ini.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.