Kiat Menjadi Trainer Salesman yang Hebat

Menjadi seorang trainer atau pengajar bukanlah suatu hal yang mudah dan bisa di anggap sepele. Ini pada dasarnya berkaitan dengan resiko dan dampak akan hasil ajar Anda kepada praktek para sales di lapangan nantinya yang mana ketika Anda salah memberikan ilmu maka Anda akan melakukan kesalahan secara masal dan ini tentu sangat fatal akibatnya.

Karena itu sebelum terjun sepenuhnya menjadi seorang trainer bagi para salesman maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa saja kendala yang akan mereka hadapi dan juga bagaimana pemecahan masalah-masalah tersebut. Idealnya seorang trainer salesman memiliki latar belakang sebelumnya sebagai seorang sales yang sukses.

Berikut akan kami berikan beberapa kiat atau tips mengenai bagaimana caranya agar Anda bisa menjadi seorang trainer salesman yang baik dan berpotensi untuk terus dapat naik ke jenjang karir yang selanjutnya.

Tentunya Anda akan mengalami rasa bahagia dan kebanggaan tersendiri ketika Anda akhirnya bisa menghantarkan anak didik Anda ke gerbang kesuksesan dan Anda sekaligus bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan di dunia kerja karena selama masa training, trainer nya adalah Anda.

Kiat yang pertama adalah siapkan materi yang relevan dan konkrit dengan dunia sales saat ini. Biasanya setiap perusahaan memiliki goal sendiri-sendiri yang diharapkan dari para salesnya di lapangan, nah ini bisa menjadi acuan untuk Anda.

Lalu kiat yang kedua adalah sampaikan materi yang dibarengi dengan kegiatan praktek secara nyata karena terkadang materi akan sangat jauh berbeda dengan kenyataan di lapangan.

Tujuannya adalah agar para calon salesman yang Anda didik tidak kaget saat harus berhadapan langsung dengan konsumen atau klien nantinya.

Jika topiknya tentang penjualan maka tidak ada salahnya Anda harus meminta mereka praktek berjualan sesuatu seperti aqua gelas atau buku dengan harga yang paling tinggi sebagai pemenangnya. Ini akan memberikan gambaran sedikit kepada mereka mengenai job description yang nantinya akan mereka hadapi setiap hari.

Lalu sampaikan juga kendala yang ada di lapangan berdasarkan pengalaman nyata Anda. Ini bisa seperti sebuah kelas sharing dimana Anda akan bercerita dan melayani sesi Tanya jawab.

Menjadi seorang trainer tidak melulu harus berpatokan kepada materi dan teori yang kaku namun harus tetap bisa menjadi seorang yang luwes dan fleksibel. Bagikan pengalaman Anda dan trik bagaimana cara Anda menghadapi kons