Kompas Gramedia dan Monopoli Toko Buku dan Penerbit Terkuat di Indonesia

Tahun ajaran baru, yang mulai bergulir pada tanggal 18 Juli 2016 lalu, disambut sukacita oleh segenap pelajar, pendidik dan orang tua. Setelah libur panjang, hari pertama masuk sekolah menjadi satu hal yang paling dinantikan karena memberikan suasana baru serta pengalaman yang tentunya tidak akan pernah terlupakan. Dimulainya kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah membuat segala aktivitas di sekitar sekolah kembali bergairah dan penuh dengan rasa sukacita.

Namun, dimulainya tahun ajaran baru ternyata bukan hanya disambut gembira oleh pelajar, pendidik maupun orang tua, melainkan juga oleh penyedia buku teks kurikulum 2013. Mereka terpacu untuk segera mencetak dan menyediakan buku teks pelajaran kepada para siswa agar dapat langsung digunakan. Salah satu penerbit yang dipercaya untuk mencetak buku teks adalah Gramedia Mitra Edukasi Indonesia, anak perusahaan PT Kompas Gramedia. Perusahaan berskala nasional tersebut telah mulai mengirimkan buku – buku teks terbitan mereka ke sekolah – sekolah.

Bukan hanya itu, Gramedia Mitra Edukasi Indonesia bahkan mempercepat proses pengiriman untuk memastikan semua buku yang dipesan segera dapat diterima oleh pihak sekolah. Dengan jaringan distribusi yang ada di seluruh pelosok nusantara, perusahaan yang secara khusus mengerjakan buku – buku bermuatan pendidikan tersebut yakin dapat memenuhi kebutuhan sekolah tanpa melupakan kualitas serta pelayanan yang diberikan.

Kualitas buku terbitan Gramedia sudah tidak perlu diragukan lagi dan bisa dimiliki dengan harga yang cukup terjangkau. Pengalaman perusahaan yang telah berdiri selama lebih dari 40 tahun tersebut membuatnya selalu dipercaya dan bisa selalu diandalkan. Bahkan, mereka selalu memegang teguh komitmen untuk menghadirkan buku yang dapat dipakai tidak hanya dalam jangka waktu pendek namun juga untuk jangka panjang.

Kecepatan dan ketepatan yang diberikan oleh Gramedia dalam memberikan layanan serta bantuan apabila terjadi masalah pemesanan memang selama ini menjadi satu keunggulan perusahaan yang didirikan oleh P.K Ojong dan Jakob Oetama. Gramedia selalu membuka akses seluas – luasnya kepada pihak sekolah yang ingin memesan buku dengan cara melayani pemesanan secara online.

Penghargaan Yang Diterima di Bidang Toko Buku dan Penerbitan
Atas konsistensi dalam memberikan pelayanan terbaik, banyak sekali penghargaan yang telah berhasil diraih oleh Gramedia Mitra Edukasi Indonesia maupun Pt Kompas Gramedia secara keseluruhan. Salah satu penghargaan yang diterima adalah dari Majalah Swa yang merupakan majalah yang menghadirkan beragam informasi terkait bisnis marketing dan manajemen terkini di tanah air.

Terhitung, Gramedia telah menerima penghargaan dari Majalah Swa sebanyak 2 kali, yakni di tahun 2011 dan 2014. Untuk yang kedua, Gramedia mendapatkan penghargaan the 1st Champion of Indonesia Original Brand.

Sebelumnya di tahun yang sama, Gramedia juga telah menerima beberapa penghargaan berbeda. Maret 2014, mereka mendapatkan penghargaan Roy Morgan Customer ASatisfaction Award untuk kategori Bookstore of the Year serta penghargaan Top Brand Award dari Majalah Marketing untuk kategori yang sama. Penghargaan – penghargaan tersebut menunjukkan bahwa Gramedia merupakan brand yang terkuat dan terbaik di tanah air dan selalu unggul dalam memberikan pelayanan serta buku yang berkualitas dalam upaya untuk membantu mencerdaskan bangsa.

Penghargaan – penghargaan tersebut rasanya sangatlah pantas mengingat selama lebih dari 40 tahun, PT Kompas Gramedia memang selalu menjaga komitmen mereka untuk menghadirkan buku – buku berkualitas terbaik. Lewat beberapa anak perusahaan yang dimiliki, PT Kompas Gramedia juga secara konsisten mencetak atau menerbitkan buku – buku beragam kategori dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Berbeda dengan perusahaan penerbitan yang lain PT Kompas Gramedia memiliki beberapa jaringan penerbit buku dalam upayanya untuk menjaga kualitas produk yang mereka buat. Jaringan penerbit yang dimiliki Gramedia terdiri atas:

• Gramedia Pustaka Utama
Penerbit ini memfokuskan diri untuk mengerjakan dua bidang utama, yakni fiksi dan non-fiksi. Dalam bidang fiksi, masih dbagi lagi menjadi fiksi anak – anak dan pra-remaja, remaja dan dewasa. Dalam bidang non-fiksi, dibagi menjadi humaniora, pengembangan diri, Bahasa dan sastra Indonesia, Bahasa Inggris/ELT, kamus dan referensi, sains dan teknologi, kewanitaan, kesehatan dan sebagainya.

• Elex Media Komputindo
Semula penerbit ini dikhususkan untuk menerbitkan buku – buku di bidang teknologi, terutama dalam hal teknologi informasi dan komputer. Namun, dalam perjalanannya, Elex Media Komputindo juga menerbitkan buku – buku seri motivasi.

• Penerbit Buku Kompas
Penerbit ini adalah penerbitan yang lebih banyak menerbitkan kumpulan artikel para penulis terkenal yang pernah dimuat di koran Kompas. Focus penerbit ini adalah pada non-fiksi. Oleh sebab itu, banyak sekali menerbitkan karya para penulis terkenal di bidang sosial-politik, biografi dan nasional.

• Kepustakaan Populer Gramedia
Penerbit ini memfokuskan diri untuk menerbitkan buku – buku populer, termasuk komik – komik non-fiksi.

• Bhuana Ilmu Populer
Jaringan penerbit Gramedia ini memfokuskan diri untuk mencetak buku anak – anak, motivasi, kesehatan, fiksi dan non-fiksi serta buku – buku parenting.

• Gramedia Widiasarana Indonesia atau Grasindo
Penerbit ini pada awalnya berkecimpung di dunia pendidikan, namun dalam perjalanannya juga mengembangkan diri dengan menerbitkan buku – buku fiksi dan non-fiksi serta pendidikan.

• M&C
Penerbit jaringan Gramedia ini focus dalam penerbitan komik dan manga

• Level Comics
Jaringan penerbit ini fiokus dalam hal menerbitkan komik dan manga untuk dewasa.