Marketing in Venus dan Buku Teori Pemasaran Terbaik dalam Ilmu Marketing

Buku Marketing in Venus menjadi sebuah buku tentang teori pemasaran yang cukup fenomenal karena buku ini mengulas tentang trend pemasaran pada masa depan seiring dengan adanya perubahan pola perilaku konsumen.

Sang penulis buku ini adalah Herman Kertajaya yang merupakan seorang ahli dalam bidang pemasaran. Ia berhasil membalikkan anggapan pemasaran tradisional dengan memunculkan trend pemasaran baru dengan memberikan contoh-contoh kasus nyata pada beberapa perusahaan yang dibentuk dengan mengikuti prinsip Venus.

Ketika sebelumnya, setiap orang membicarakan tentang teori dan manajemen pemasaran maka mereka akan memikirkan seorang tokoh pemasaran yaitu Philip Kotler. Hal ini memang bukan hal yang aneh karena Kotler memang telah bergelut dalam bidang pemasaran dan teorinya sejak lama.

Buku dan karyanya yang menjadi salah satu karya yangs angat fenomenal dan seringkali dijadikan sebagai bahan rujukan dalam kajian kepustakaan pada berbagai penelitian di bidang yang terkait.

Pakar pemasaran ini pun ternyata cukup menaruh perhatian atas apa yang diungkapkan dan dijelaskan Herman Kertajaya dalam bukunya tersebut bahkan ia memberikan komentar atas pemikiran Herman yang tertulis dalam cover buku tersebut.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Buku ini terbit sebagai bentuk kumpulan materi seminar yang merupakan butir pemikiran dari seorang Herman Kertajaya yang terangkun dalam judul The Guiding Principles of Marketing in Venus. Sebagai pengantarnya, Herman mengulas tentang bagaimana keberhasilan perusahaan Nokia dalam meraih pangsa pasar Ericson yang akhirnya membuat perusahaan Ericson menjadi jatuh da akhirnya diakuisisi oleh Sony.

Salah satu kunci keberhasilan dari perusahaan Nokia adalah pada bagaimana perusahaan tersebut mengolah serta mengendalikan pola perilaku konsumen yang lebih manusiawi serta menempatkan teknologi yang melayani dan mengakomodasi manusia seutuhnya dan bukan teknologi canggih untuk kecanggihan sendiri. Hal ini bisa dilihat dari slogan ataupun jargon yang diusung perusahaan tersebut lebih terasa manusiawi dan emosional.

Bila sebelumnya karakter yang emosional biasanya diduduki oleh wanita, hal ini berbeda degan apa yang disampaikan oleh Herman yang mana saat ini kaum pria menjadi jauh lebih emosional dibandingkan wanita.

Hal ini digambarkan dengan dunia Mars yang sebelumnya dihuni oleh para pria kini berubah menjadi Venus yang lebih banyak dihuni para wanita. Munculnya perubahan trend pola perilaku tersebut yang akhirnya menciptakan sebuah fenomena baru yang disebut ‘metroseksual’ dalam trend pemasaran.

Konsumen metroseksual ini diambil dari apa yang ditulis Mark Simpson yang mengungkapkan bahwa metroseksual adalah sosok pria dandy yang narsis dan memiliki gaya hidup urban.

Herman Kertajaya mengungkapkan bahwa munculnya fenomena tersebut adalah sebagai akibat dari semakin banyaknya wanita yang bekerja di sektor atau bidang yang sebelumnya didominasi oleh kaum pria.

Adanya perubahan pola ini menyebabkan pria dituntut untuk berpenampilan menarik dan memunculkan promosi trend baru di sejumlah majalah yang menghadirkan gambaran pria modis dan dandy.

Secara ringkas, konsep Marketing in Venus terangkum dalam The 18 Guiding Principles of Marketing in Venus yang tersebut sebagai berikut:

1. Information technology carries more emotional messages
2. Most customers in this interactive world are wo-men
3. Most competitive advantages are from feel benefits

4. Customer insight is the best tool to find out customer’s hidden needs
5. Be intuitive, not interpretative

6. Be proactive not reactive
7. Your band must have charisma
8. Empathy has a significant contribution in service.
9. Involve your customers in the business process.

10. View your market dynamically, use infinite segmentation
11. Don’t forget t target the heart
12. Be credible on your promise

13. Content is only basic, context is the winning formula
14. Product and service should be an experience

Semua produk dan layanan yang ada di venus hendaknya memeberikan pengalaman yang berkesan bagi pelanggan.

15. Pricing must be easy to understand
Dalam penetapan harga hendaknya mudah dipahami oleh pelanggan dan tidak boleh berubah-rubah sewaktu-waktu.

16. Community is the best channel
Saluran untuk pendistribusian di venus yang baik adalah komunitas.

17. Personal conversation is the most effective communication
Komunikasi personal merupakan media komunikasi yang cukup efektif di venus. Interaksi orang kepada orang berada dalam masa kritis di venus karena pendekatan yang sesuai adalah komunikasi pointcasting yang mana interaksi yang dibutuhkan adalah interaksi pada level sejajar dan egaliter.

18. Relationship is the key of successful selling
Prinsip ini berkaitan tentang penjualan yang mana pelanggan di venus sangat tidak suka digurui dalam hal penjualan dan mereka cenderung menyukai suatu hubungan.

Jadi, ketika Anda membangun dan memelihara hubungan jangka panjang, hal ini akan meningkatkan pemasukan Anda dari pelanggan Anda tersebut.
Beberapa prinsip tersebut bisa menjadi sebuah teori pemasaran di masa depan yang berkebalikan dengan pemasaran tradisional yang selama ini dijalankan oleh sejumlah perusahaan dalam mengembangkan dan mengelola bisnis yang dijalaninya.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.