Financial

Rencanakan Keuangan Anda dengan Baik

Financial

Masalah financial bukanlah sebuah hal yang bisa dianggap sepele. Kegagalan dan kesuksesan masa tua Anda terletak pada bagaimana Anda memperlakukan masa muda Anda. Jangan sampai disaat tua Anda malah menyesal karena selama aktif bekerja di waktu muda Anda lupa menabung dan tidak mengontrol keuangan dengan bijak.

Kesuksesan di masa muda harusnya menjadi cambuk untuk bisa mempersiapkan masa tua terlebih disaat pensiun dengan sebaik mungkin. Jangan sampai yang tertanam dalam diri Anda adalah masa pensiun yang indah hanya karena mengandalkan anak-anak yang Anda miliki. Ingatlah bahwa anak-anak memiliki kesulitannya sendiri-sendiri. Ada baiknya sebagai orang tua Anda bisa hidup mandiri tanpa harus merepotkan mereka.

Dalam merencanakan keuangan ada beberapa hal yang harus Anda ketahui salah satunya adalah masalah kebutuhan dan keinginan. Saat ini banyak terjadi dimana anak muda lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan. Akibatnya gaji setiap bulan tidak pernah cukup dan hutang menumpuk karena menuruti gengsi dan gaya hidup yang super hedon.

Hidup mewah adalah sah saja selama Anda memang sudah mampu secara financial. Namun jika belum mampu maka kenapa harus memaksakan gaya hidup yang membuat diri tersiksa? Sesekali makan di restoran mahal atau belanja barang branded favorite sebagai hadiah atas kerja keras Anda bukanlah sebuah kesalahan namun jika sudah menjadi kebiasaan maka sepertinya Anda harus berbenah diri.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

Berikut hal yang bisa Anda lakukan untuk memiliki kondisi financial yang baik dan mapan.

  • Ketahui kondisi keuangan Anda sendiri

Hitung berapa jumlah income dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Jika ternyata pemasukan lebih kecil dari pengeluaran maka Anda sudah harus berbenah untuk memperbaiki kondisi financial Anda sesegera mungkin. Kurangi belanja atau kebutuhan yang berhubungan dengan sebatas keinginan seperti makan di restoran mahal dan nonton di bioskop.

  • Mulailah berinvestasi

Setiap bulan, sebelum Anda mengeluarkan uang untuk kebutuhan apapun siapkan dana untuk investasi. Investasi bisa berupa tabungan dalam bentuk uang tunai, saham atau logam mulia. Jika kondisi keuangan sudah lebih stabil Anda bisa berinvestasi property yang nilainya selalu naik dan tidak pernah turun.

  • Jangan lupa asuransi

Hidup adalah segala sesuatu yang tidak pernah pasti termasuk soal kematian. Untuk yang sudah berkeluarga, membeli asuransi adalah hal yang wajib dimana akan menjadi cara proteksi jika sewaktu-waktu kepala keluarga meninggal. Hal ini bertujuan agar hidup anak-anak dan pasangan Anda tidak lantas berhenti begitu saja.

  • Buatlah rekening khusus untuk dana darurat

Ini adalah salah satu kebutuhan wajib yang sering dilupakan. Siapkan rekening khusus dana darurat dan sisihkan dari income Anda setiap bulannya. Dana darurat bisa berfungsi untuk saat sakit, bencana atau hal lainnya yang sifatnya tidak terduga.

  • Bijaklah dalam berhutang

Hutang memang menjadi hal yang hampir pernah dialami oleh semua orang. Namun ada baiknya hindari hutang yang bersifat konsumtif. Jika ingin berhutang maka yang sifatnya bernilai seperti untuk membeli property atau logam mulia dengan demikian disaat nantinya terpaksa akan dijual sudah menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Kebutuhan hidup selalu membesar setiap kali terlebih adanya inflasi setiap tahun yang membuat Anda seharusnya bekerja dan berusaha lebih keras untuk mendapatkan income yang positif. Dengan begitu jumlah uang dan asset yang bisa Anda dapatkan untuk hari tua bisa lebih banyak. Jangan lupa sisihkan uang untuk membantu sesama yang membutuhkan karena sebagian dari rejeki yang Anda miliki juga menjadi hak mereka.

Jika memungkinkan carilah usaha sampingan untuk menambah income Anda. Saat ini juga sudah ada program dari pemerintah berupa tabungan untuk persiapan hari tua dengan jumlah yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. Program tersebut sudah bisa Anda dapatkan di setiap bank yang ada di Indonesia.

Dengan control keuangan yang baik maka masa muda Anda akan bahagia dan masa tua Anda jauh lebih terjamin. Jika memang terlalu sulit untuk Anda mengatur semuanya sendiri, Anda bahkan bisa menggunakan jasa financial planner untuk keuangan pribadi Anda.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.