Rencanakan Keuangan Anda dengan Baik

Financial

Masalah financial bukanlah sebuah hal yang bisa dianggap sepele. Kegagalan dan kesuksesan masa tua Anda terletak pada bagaimana Anda memperlakukan masa muda Anda. Jangan sampai disaat tua Anda malah menyesal karena selama aktif bekerja di waktu muda Anda lupa menabung dan tidak mengontrol keuangan dengan bijak.

Kesuksesan di masa muda harusnya menjadi cambuk untuk bisa mempersiapkan masa tua terlebih disaat pensiun dengan sebaik mungkin. Jangan sampai yang tertanam dalam diri Anda adalah masa pensiun yang indah hanya karena mengandalkan anak-anak yang Anda miliki. Ingatlah bahwa anak-anak memiliki kesulitannya sendiri-sendiri. Ada baiknya sebagai orang tua Anda bisa hidup mandiri tanpa harus merepotkan mereka.

Dalam merencanakan keuangan ada beberapa hal yang harus Anda ketahui salah satunya adalah masalah kebutuhan dan keinginan. Saat ini banyak terjadi dimana anak muda lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan. Akibatnya gaji setiap bulan tidak pernah cukup dan hutang menumpuk karena menuruti gengsi dan gaya hidup yang super hedon.

Hidup mewah adalah sah saja selama Anda memang sudah mampu secara financial. Namun jika belum mampu maka kenapa harus memaksakan gaya hidup yang membuat diri tersiksa? Sesekali makan di restoran mahal atau belanja barang branded favorite sebagai hadiah atas kerja keras Anda bukanlah sebuah kesalahan namun jika sudah menjadi kebiasaan maka sepertinya Anda harus berbenah diri.

Berikut hal yang bisa Anda lakukan untuk memiliki kondisi financial yang baik dan mapan.

  • Ketahui kondisi keuangan Anda sendiri

Hitung berapa jumlah income dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Jika ternyata pemasukan lebih kecil dari pengeluaran maka Anda sudah harus berbenah untuk memperbaiki kondisi financial Anda sesegera mungkin. Kurangi belanja atau kebutuhan yang berhubungan dengan sebatas keinginan seperti