Tips Cerdas Dalam Perencanaan Keuangan Personal

Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan merupakan sebuah proses dalam meraih tujuan hidup seseorang dengan mengelola keuangan yang ia miliki secara  terencana. Orang-orang yang mampu mengelola  keuangan personalnya dengan baik sangat berpeluang besar untuk meraih tujuan hidupnya.

Mereka akan meluangkan waktu dan tenaganya untuk sedetail mungkin mengatur dan merencanakan pengeluaran personalnya sehingga tidak melebihi dari penghasilan yang mereka dapatkan. Apalagi dengan kondisi ekonomi saat ini, biaya hidup terus mengalami peningkatan serta kebutuhan yang terus bertambah bisa menjadi sebuah masalah keuangan yang rumit jika tidak segera dicarikan solusinya.

Oleh karena itu  diperlukan sebuah rencana keuangan yang matang, jelas, dan terencana. Untuk mengetahui bagaimana cara merencanakan keuangan personal dengan baik, berikut ini tips cerdas dalam perencanaan keuangan personal :

  1. Menetapkan Tujuan

Hal terpenting yang perlu Anda pikirkan dalam merencakan keuangan personal adalah menetapkan tujuan yang ingin Anda capai. Orang dengan tujuan hidup yang terarah akan memiliki motivasi di dalam dirinya untuk bisa meraih tujuan hidupnya tersebut.

Sebagai contoh, Anda memiliki keinginan untuk bisa berkeliling dunia bersama pasangan Anda, dengan begitu Anda akan termotivasi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak serta mengumpulkannya hingga mencapai target yang telah ditentukan. Setelah dana tersebut terkumpul dan sesuai dengan target yang ditentukan, Anda pun bisa menggunakannya untuk berlibur keliling dunia bersama pasangan Anda.

Dengan kata lain Anda bisa meraih tujuan Anda tersebut dengan cara pengelolaan keuangan yang tepat.

  1. Mengelola Pengeluaran

Kebutuhan manusia memang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal itu dikarenakan manusia tidak akan pernah merasa puas dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. Beberapa kebutuhan hidup manusia yang utama dan penting adalah kebutuhan yang menyangkut pangan, sandang, papan, dan transportasi.

Selain itu terdapat juga kebutuhan-kebutuhan lainnya seperti keperluan rumah tangga, tabungan masa depan hingga kebutuhan hiburan. Oleh karena itu diperlukan sebuah perencanaan keuangan yang matang dengan membuat sebuah pengelolaan anggaran pengeluaran secara berkala dengan cara mengalokasikan dana-dana tertentu sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

  1. Menahan Diri Dalam Berbelanja

Saat Anda pergi ke sebuah mall, Anda pasti akan tergoda untuk membeli berbagai macam promo barang yang ditawarkan, meskipun barang yang ditawarkan tersebut bukanlah barang yang menjadi kebutuhan utama Anda.

Untuk menjaga uang Anda tidak terbuang sia-sia maka Anda perlu menahan keinginan berbelanja Anda. Jangan sampai Anda membeli barang-barang yang tidak perlu hanya untuk memuaskan hasrat belanja Anda.

  1. Mencari Pendapatan Lain

Saat ini mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Selain itu banyak juga kasus pemberhentian kerja dikarenakan berbagai masalah ekonomi internal perusahaan maupun masalah perekonomian secara nasional. Untuk menghindari hal tersebut maka Anda perlu memiliki sumber pendapatan lain yang bisa mendukung tercapainya tujuan hidup.

Sumber pendapatan lain ini merupakan salah satu dari perencanaan keuangan yang sangat efektif, Untuk mendapatkan penghasilan yang lebih, Anda bisa memulai bisnis sampingan secara mandiri.

  1. Jangan Menghindari Utang

Kredit merupakan salah satu solusi keuangan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan kredit seseorang bisa membeli rumah, alat transportasi maupun keperluan mendesak yang lain tanpa harus sekaligus menghabiskan dana yang ia miliki. Banyak kasus kebangkrutan yang diawali dengan permasalahan utang piutang.

Untuk itu Anda harus mempertimbangkan resiko yang akan Anda terima sebelum memutuskan untuk menyicil rumah dan keperluan lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pengelolaan keuangan untuk kredit secara tepat dan cermat.

Itulah beberapa tips cerdas yang bisa Anda lakukan dalam merencanakan keuangan secara personal. Orang yang pintar dalam mengelola keuangan personalnya tentu akan memiliki pola hidup yang teratur dan terhindar dari penumpukkan utang.

Selain tips di atas Anda juga bisa melakukan pelacakan pengeluaran personal sebagai cara untuk meminimalisir berbagai macam pengeluaran yang tidak perlu, seperti makan di restoran mahal atau penggunaan taksi. Dengan melakukan perencanaan keuangan yang matang dan tepat, Anda dapat memenuhi berbagai macam tujuan hidup yang telah Anda tentukan.

Download FREE Ebook and Slides

Dapatkan 5 Buku Dahsyat tentang LIFE SKILLS dan FINANCIAL FREEDOM secara GRATIS!