Percaya Diri

Trik Mendongkrak Percaya Diri

Percaya Diri

Bagi Anda yang sedang membutuhkan suntikan motivasi untuk meningkatkan kepercayaan diri, berikut ada beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan.

  • Tersenyum

Ini adalah cara cepat yang akan dapat mendongkrak percaya diri dalam waktu singkat. Selain mendongkrak kepercayaan diri, tersenyum akan dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Mengapa demikian? Karena menurut para ahli tersenyum berkaitan erat dengan perasaan positif sehingga hampir mustahil bagi seseorang untuk merasa tidak enak saat tersenyum.

Saat tersenyum, hormon endorphin dilepaskan sehingga diri kita menjadi lebih tenang, sirkulasi darah di wajah lebih lancar dan kita akan merasa lebih nyaman yang secara otomatis akan mendongkrak rasa percaya diri kita.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat tentang Ilmu Pengembangan Diri dan Motivasi Bisnis. Download sekarang.

  • Tatap mata lawan bicara

Para ahli mengatakan bahwa melakukan kontak mata dengan lawan bicara akan membantu kita menghilangkan rasa ragu – ragu dan takut saat berbicara di depan umum. Menatap mata lawan bicara juga akan mendekatkan kita dengan mereka. Melakukan kontak mata juga akan menarik minat lawan bicara.

  • Ubah suara yang ada di dalam diri kita

Banyak dari kita yang mempunyai suara dalam diri yang mengatakan hal – hal negatif. Kemampuan untuk merubah suara tersebut adalah kunci untuk bisa mendapatkan rasa percaya diri dari dalam. Kita harus buat atau ubah suara yang ada di dalam diri menjadi pendukung dengan mengatakan hal – hal positif yang membangkitkan semangat.

  • Lupakan standar yang dibuat orang lain

Terlepas dari situasi yang membuat kita minder atau mengalami krisis PD, kita dapat membantu diri kita sendiri dengan membuat dan berpegang pada standar kita sendiri. Orang lain memiliki standar yang berbeda dari diri kita karena mereka memiliki kualifikasi yang juga berbeda.

Tidak masalah apabila orang lain mengatakan bahwa kita bodoh, gendut, kurus, bawel, membosankan, pelit atau yang lainnya. Kita harus selalu berpegangan diri kita sendiri.

  • Tampil serapi mungkin

Pastikan bahwa diri kita selalu tampil rapi dan menarik. Bersihkan wajah, perbaiki riasan, luruskan kerah, sisir rambut dan sebagainya. Cara – cara tersebut akan secara otomatis mendongkrak kepercayaan diri karena kita merasa tidak ada kekurangan.

  • Bermeditasi sejenak atau berdoa

Bagi kita yang percaya kepada Tuhan, berdoa adalah cara termudah yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Langkah ini akan membantu kita untuk mundur sesaat dari situasi yang serba tidak pasti dan mencari pertolongan dari Tuhan.

  • Reka ulang

Apabila terjadi sesuatu di luar perkiraan atau dugaan kita, maka rasa percaya diri kita akan mudah goyah. Kita bisa memperbaikinya dengan mencoba me-reka ulang kejadian – kejadian yang bisa melemahkan rasa percaya diri kita tersebut kemudian menempatkannya pada situasi yang lebih positif. Hal ini karena hal – hal negatif seringkali terjadi akibat dari persepsi diri kita sendiri.

  • Tentukan langkah selanjutnya

Apabila kita tidak yakin dengan apa yang harus dilakukan, maka kita harus temukan satu langkah sederhana yang dapat membantu kita untuk terus melangkah maju. Kita bisa melakukannya dengan kontak mata, memperkenalkan diri pada orang asing, memecah kebekuan dalam forum – forum formal dengan humor cerdas dan lain sebagainya. Kita harus berani bertindak meski mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan.

  • Bicara perlahan

Jika memang kita merasa kurang percaya diri, kita bisa menutupinya dengan cara mengatur cara berbicara. Jika kita biasa berbicara dengan tempo cepat, maka besar kemungkinan kita akan merasa gugup atau tidak enak pada orang lain karena hal tersebut.

Dengan berbicara perlahan, maka kita akan memiliki kesempatan untuk berpikir apa yang akan kita ucapkan selanjutnya. Bicara dengan perlahan akan mengesankan bahwa kita merasa percaya diri.

  • Ikut berperan

Kita hendaknya selalu berperan aktif atau ambil bagian dalam segala hal, meskipun Cuma sedikit. Tidak ada salahnya mencoba untuk berbicara tentang ide – ide kita di depan orang banyak, tidak ada jeleknya untuk memberikan sumbangsih meskipun tidak seberapa. Dengan melakukan hal tersebut, maka kita akan merasa lebih “terpakai” dan secara otomatis akan meningkatkan rasa percaya diri.

GRATIS - 5 Buku Dahsyat yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depanmu. Jangan di-klik Jika Anda Sudah Merasa SUKSES.