Buku Bagus tentang Riset Bisnis dan Penelitian Bisnis Manajemen

Sebuah buku riset bisnis best seller pasti banyak orang yang sudah membelinya. Mereka membeli bukan hanya untuk pajangan atau ditumpuk di meja saja. Namun, mereka membeli untuk dibaca dan dipahami isinya.

Hal itu dikarenakan isi di dalam buku tersebut sangat bermanfaat dalam bidang kehidupan yang dilakukan masing-masing.

Dengan begitu, secara langsung atau tidak buku riset bisnis semacam itu menjadi sesuatu yang mendukung aktivitas yang dijalankan.

Research atau bahasa Indonesia-nya riset bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui sesuatu hal yang belum ada atau belum diketahui. Riset bisnis dilakukan juga untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan, serta kelebihan atau kekurangan dari sebuah permasalahan.

Dengan begitu, hasil dari riset bisnis bisa bermanfaat bagi sebuah penelitian yang dilakukan.

Pasalnya, riset bisnis merupakan bagian dari penelitian dengan cangkupan lebih luas. Sementara itu, riset bisnis bisa dilakukan dalam berbagai bidang tanpa terkecuali.

Kegiatan riset bisnis juga mempunyai proses dengan beberapa langkah di dalamnya. Anda pun perlu mengetahuinya secara mendetail. Selain itu, riset bisnis juga membutuhkan bahan-bahan yang nanti diolah dalam proses pengolahan data. Itulah riset bisnis dalam arti lebih kompleks dan bisa Anda pelajari di dalam buku riset bisnis best seller.

Jangan selalu mengartikan bahwa kegiatan riset bisnis dilakukan dengan cara-cara yang rumit dan sulit. Kegiatan tersebut juga dilakukan oleh orang-orang pintar bertitel S1 hingga S3.

Selain itu, juga melibatkan banyak data berbentuk angka atau non angka yang begitu memusingkan. Sebenarnya, Anda pun juga bisa melakukan riset bisnis dengan lebih sederhana. Riset bisnis yang tidak perlu banyak data karena semuanya bisa didapatkan dari lingkungan atau kehidupan sehari-hari. Jika seperti itu, tentu saja semua orang dapat melakukan riset bisnis semacam itu.

Lalu, bagaimana cara melakukan riset bisnis secara sederhana? Di sini akan sedikit diinformasikan mengenai caranya yang juga bisa Anda pelajari di buku riset bisnis best seller. Langkah pertama, yaitu mengetahui terlebih dulu tujuan dari riset bisnis yang akan dilakukan.

Setelah mengetahuinya, Anda pun bisa segera mencari data-data yang dibutuhkan dalam riset bisnis tersebut. tidak perlu terlalu mendetail karena data tersebut bisa diperoleh dengan mudah.

Selanjutnya, Anda harus melakukan tahap yang paling krusial atau penting, yaitu analisis. Langkah yang satu ini dilakukan dengan melihat data-data yang ada. Meskipun riset bisnisnya sederhana, tetapi tidak boleh menganalisis secara sembarangan dan seadanya saja.

Harus dilakukan secermat mungkin agar hasil dari riset bisnis keseluruhan bisa diaplikasikan.

Tujuan dari riset bisnis adalah mengetahui sesuatu yang belum diketahui sebelumnya, baik dari segi positif atau negatifnya. Hasil dari riset bisnis harus bermanfaat karena bisa ditindaklanjuti dalam sebuah kegiatan yang lebih besar.

Sebagai contoh, Anda seorang pebisnis yang online yang menjual produk gadget di dunia maya. Berbagai jenis dan macam gadget Anda jual melalui jejaring sosial media. Pasalnya, fitur internet yang satu ini hingga sekarang masih banyak orang menggandrunginya.

Namun demikian, hasil penjualan dirasa kurang maksimal. Oleh karena itu, Anda ingin mengadakan riset bisnis untuk mengetahui lebih mendalam permasalahan hingga hal itu bisa terjadi. Beberapa data bisa dikumpulkan.

Misalnya, data penjualan produk tiap bulan selama setahun, siapa saja konsumen yang membelinya, bagaimana cara marketing dan promosinya, bagaimana dengan kondisi penjualan produk gadget secara umum di pasaran, dan lain sebagainya.

Semua data yang berhasil dikumpulkan bisa dianalisis dengan sederhana. Satu persatu dibaca dan diteliti. Jangan lupa untuk saling mengkaitkan antara satu data dengan data lainnya. Dengan begitu, analisis semakin mudah untuk dilakukan.

Hasil dari analisis tersebut cobalah untuk menyimpulkan sendiri. Misalnya, ada yang tidak beres dengan cara promosinya di dunia maya. Oleh karena itu, dibutuhkan cara yang lebih efektif dan tepat sasaran untuk mempromosikan berbagai jenis gadget yang dijual.

Hasil dari riset bisnis tersebut sudah diketahui. Sekarang, Anda pun bisa segera menindaklanjutinya dalam sebuah kegiatan yang lebih besar. Tujuan terakhirnya adalah membuat agar penjualan produk lebih besar dan banyak, sehingga berbanding lurus dengan omset yang didapatkan. Itulah contoh kecil dari penerapan cara riset bisnis secara sederhana. Silakan membaca buku riset bisnis best seller untuk bisa memahaminya lebih detail lagi.

Memilih yang best seller karena sudah banyak orang memilikinya
Buku riset bisnis best seller menjadi incaran banyak orang karena sudah berhasil dijual cukup banyak, mungkin ribuan hingga puluhan ribu eksemplar. Dengan kondisi seperti itu, Anda yang belum pernah membacanya juga direkomendasikan untuk memilikinya.

Anda pun bisa membaca, memahami, dan mempraktikkan apa yang ditulis di dalam buku tersebut. Lebih baik membelinya sendiri daripada meminjam dari orang atau pihak lain. Lagipula harga yang dibandrol untuk buku tersebut cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Setelah membaca sedikit uraian di atas, jangan pernah ragu lagi untuk segera memiliki buku riset bisnis best seller. Anda pun bisa segera mengaplikasikan ilmu yang bermanfaat di segala bidang.